Sukses

Ini Makanan Terbaik untuk Disantap Sebelum dan Sesudah Olahraga

Hati-hati tidak semua makanan baik untuk disantap sesaar sebelum dan sesudah olahraga. Intip ulasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pertanyaan mungkin pernah muncul dalam pikiran Anda pada saat hendak olahraga,  
Dilansir dari awesomenesstv.com pada Kamis (20/4/2017), menyantap makanan sebelum berolahraga sangat penting, karena dua alasan. Pertama, memberikan bahan bakar dan energi pada tubuh Anda untuk olahraga secara intens selama 45 menit. Kedua, jika Anda olahraga dengan perut kosong, bisa membuat Anda kehilangan massa otot, dan juga memperlambat metabolisme tubuh yang menghambat berat badan untuk turun.

Makanan yang harus Anda makan sebelum berolahraga adalah campuran karbohidrat kompleks dan protein. Makanan yang bisa Anda konsumsi adalah satu iris roti gandum dengan irisan pisang dan selai kacang, dan ½ cangkir oatmeal dengan beberapa buah.

Setelah berolahraga, Anda membutuhkan makanan untuk mengembalikan energi dan memperbaiki oto-otot yang rusak. Sangat penting untuk dicatat bahwa semakin cepat Anda makan, semakin baik untuk tubuh Anda. Jadi cobalah untuk makan tidak lebih dari 30 menit sesudah olahraga.

Makanan yang harus Anda konsumsi setelah berolahraga adalah sebuah makanan ringan yang menggabungkan protein dan karbohidrat. Misalnya, salad porsi sedang dengan ½ cangkir daging ayam, ikan, atau buncis, dicampur dengan minyak atau cuka. Anda bisa juga menyantap dua telur dadar dengan ½ alpukat dan satu cangkir sayuran. Jangan lupa, hal penting lainnya seesudah olahraga adalah menambah asupan air mineral agar tubuh tidak dehidrasi.

(Dearni Grasia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.