Sukses

Berjiwa Introvert? Simak Tips Wawancara Kerja Berikut Ini

Khusus untuk Anda yang berjiwa introvert, simak tips wawancara kerja berikut ini agar perjalanan karier Anda berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang interview atau wawancara kerja adalah saat yang menegangkan, terutama bagi seseorang dengan kepribadian introvert.

Introvert adalah sebutan bagi seseorang yang suka menyendiri dan juga pemalu. Rasa gugup akan muncul begitu saja jika seorang introvert berhadapan dengan beberapa orang, bahkan hanya pada saat berjabat tangan.

Rasa gugup dan sifat pemalu harus segera diatasi apalagi pada ketika Anda harus menghadapi wawancara kerja. Melansir dari awesomenesstv.com pada Kamis (20/4/2017) berikut ini adalah 5 tips wawancara bagi seorang introvert.

Ketahui Kekuatan Anda
Terkadang introvert memiliki waktu yang sulit mengidentifikasi kekuatan mereka. Setiap orang tentu memiliki keahlian khusus yang pasti diperlukan di dunia kerja. Mulailah membuat daftar apa saja kekuatan atau kelebihan dalam diri Anda, dan kemudian minta pendapat dari teman ataupun keluarga.

Berlatih
Kita semua tahu sebuah latihan membuat sesuatu menjadi sempurna. Siapkan jawaban Anda untuk pertanyaan yang sering diajukan pada saat wawancara. kemudian berlatih menjawab pertanyaan tersebut di depan teman atau keluarga dengan yakin dan percaya diri.

Siapkan Perbincangan Kecil
Perbincangan kecil di luar pertanyaan wawancara dapat membantu mencairkan suasana, dan juga memberi kesempatan kepada pewawancara untuk mengenal Anda lebih baik.

Berikan Waktu pada Diri Anda
Berikan sedikit waktu sekitar 30 menit untuk diri sendiri sebelum wawancara, hal tersebut bertujuan untuk membuat diri sendiri lebih santai, dan tenang.

Bawa Catatan
Ingat, ini bukan ujian. Anda dapat membawa catatan atau portofolio untuk mengatasi ketika Anda gugup dan lidah tiba-tiba menjadi kelu saat wawancara kerja berlangsung. Bawalah resume lain dan beberapa berkas prestasi Anda, sehingga Anda memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada pewawancara.

(Dearni Grasia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.