Sukses

8 Cara Aman dan Cepat Makeup untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Bingung bagaimana caranya makeup untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat? Simak caranya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Apa jenis kulit wajah yang Anda miliki? Apakah itu kulit berminyak dan berjerawat? Apakah Anda telah mencoba melakukan segala cara untuk memperbaikinya?

Jika iya, tenang, Anda tidak sendirian. Dilansir dari marieclaire.com, Rabu (17/5/2017), berikut ini adalah beberapa cara cepat dan mudah untuk memperbaiki kulit berminyak dan berjerawat.

1. Pilih pembersih wajah yang tepat
Anda tentu tahu merawat kulit berminyak dan berjerawat sangat merepotkan. Khusus untuk jenis kulit yang satu ini, Anda harus benar-benar memperhatikan produk kecantikan yang digunakan, salah satunya adalah pembersih.

Mengaplikasikan pembersih wajah yang mengeringkan justru memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Jika saat membersihkan, wajah terasa kencang, ini berarti Anda terlalu berlebihan dalam memakai produk.

2. Hindari bahan alkohol dalam produk kecantikan
Mungkin Anda juga mengetahui bahwa toner berfungsi untuk menghilangkan minyak. Masalahnya adalah jika toner berfungsi terlalu baik, maka kulit justru akan kering dan bersisik.

3. Campurkan pelembap
Sadarkah Anda bahwa setiap bagian wajah memiliki kebutuhan kelembapan yang berbeda-beda? Inilah mengapa tidak masalah untuk mencampurkan beberapa jenis pelembap di wajah Anda, agar hasil makeup terlihat lebih maksimal.

4. Gunakan primer
Jika ada satu produk makeup yang tidak boleh Anda lewatkan, itu adalah primer. Sekali Anda mengaplikasikannya, makeup Anda akan bertahan sepanjang hari.

Aplikasikan primer di bagian wajah yang tampak berkilau di siang hari. Selain itu, primer juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori di wajah, sehingga tidak ada salahnya diaplikasikan ketika Anda tidak bermaksud menggunakan makeup.

5. Cari produk makeup yang bebas kilau
Aplikasikan foundation dengan hasil akhir matte, karena ini adalah teman terbaik bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Usahakan mengaplikasikan foundation menggunakan jari-jari tangan agar lebih meresap ke dalam kulit wajah.

6. Gunakan concealer dengan cerdas
Ya, sulit memang mengaplikasikan concealer untuk menutupi jerawat yang kemerahan. Untuk aplikasi yang lebih baik, gunakan brush eyeliner.

7. Gunakan bedak yang dapat mengunci makeup
Sekali lagi, gunakan bedak ini hanya di daerah wajah yang berminyak. Jika Anda tidak membutuhkan terlalu banyak makeup, cukup gunakan bedak yang memiliki warna transparan.

8. Beri sedikit warna segar pada wajah
Kulit berminyak dan berjerawat bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan makeup sama sekali. Beri tambahan sedikit perona pipi untuk menyegarkan tampilan kulit berminyak Anda, tidak masalah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.