Sukses

9 Makanan Ini Harus Dikonsumsi Rutin untuk Dapatkan Kulit Cerah

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang kulit cerah, Anda benar-benar harus fokus pada makanan yang dikonsumsi. Benar adanya, jika Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan "Anda adalah apa yang Anda makan."

Dilansir dari marieclaire.com, Kamis (20/4/2017), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan kulit cerah bersinar secara alami, penasaran?

1. Kunyit
Kunyit adalah bahan rempah yang kaya akan kandungan anti-inflamasi, juga antioksidan. Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas dan mencegah timbulnya keriput dan freckles akibat usia.

Mengonsumsi kunyit secara rutin dapat membuat kulit tampak bersinar, cerah, dan bercahaya secara alami. Cara mudah mengonsumsinya adalah dengan menambahkannya ke dalam minuman atau makanan sehari-hari.

2. Telur
Telur memiliki banyak alasan untuk dikatakan sebagai makanan sehat. Telur juga merupakan salah satu makanan yang memainkan peran penting untuk membuat kulit Anda cerah bersinar dan meminimalisir jerawat.

Telur dapat membantu pembentukan kolagen, membuat kulit tampak kenyal, kencang, dan muda. Konsumsilah telur untuk sarapan atau makan malam.

3. Matcha
Matcha dapat membantu menjaga kulit Anda bersinar dengan melembapkan sel-sel kulit dan melawan peradangan yang dapat membuat kulit iritasi atau kusam. Hidrasi dengan matcha yang tepat dapat membantu peningkatan pergantian sel, yang berarti memungkinkan sel-sel baru yang lebih sehat untuk meningkatkan warna kulit Anda lebih cerah.

Jika sulit menemukan matcha, Anda bisa mengonsumsi air teh hijau biasa atau lemon untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi.

4. Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan tinggi asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kulit bebas kerutan, mengurangi peradangan, dan mencegah kerusakan kolagen. Selain itu, salmon dapat melawan jerawat, membuat kulit cerah, bersih, dan bersinar.

5. Jamur

Jamur merupakan sumber dari vitamin B, membantu mencegah kerusakan sel kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, jamur juga merupakan sumber dari selenium, antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, kenyal, dan bersinar.

6. Artichokes
Makanan ini dapat bertindak sebagai anti inflamasi yang kuat untuk memerangi iritasi dan kemerahan pada kulit. Anda bisa mengonsumsinya dengan dipanggang atau direbus saja untuk sajian salad.

7. Alpukat
Ada alasan kuat mengapa banyak orang menggunakan alpukat sebagai bahan masker wajah. Alpukat merupakan sumber dari serat, protein, magnesium, vitamin B5, E, K, dan biotin. Biotin memiliki fungsi penting menjaga rambut dari kerapuhan dan memerangi kulit kering.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak omega-9 yang dapat memperbaiki kerusakan kulit dan memerangi terjadinya iritasi dan kemerahan.

8. Ubi
Kulit mengandung kadar tinggi dari vitamin A dan beta karoten. Namun, ketika tubuh menerima beta karoten, tubuh akan menjadikannya sebagai vitamin A yang aktif, berfungsi menjaga kesehatan kulit, rambut, dan gigi.

Selain itu, mengonsumsi beta karoten secara rutin dapat membuat kulit bersinar cerah secara alami. Asal tidak berlebihan.

9. Jeruk
Jeruk merupakan sumber dari vitamin A dan C, membantu kulit melawan jerawat dan mempercepat pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Vitamin A berfungsi untuk menghilangkan garis halus dan kerutan, sedangkan vitamin C dapat membantu memproduksi kolagen, membuat kulit cerah dan kenyal.

Artikel Selanjutnya
Konsumsi Banyak Daging Kambing? Lakukan Hal Ini Setelah Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Tomat dan Putih Telur Mampu Bikin Kulit Lebih Cerah