Sukses

7 Hal Aneh yang Harus Anda Ketahui Tentang Freckles

Liputan6.com, Jakarta Freckles adalah bintik-bintik yang muncul di kulit seseorang karena sesuatu hal, entah cuaca yang terlalu panas atau kulit sensitif. Dilansir dari marieclaire.com, Kamis (20/4/2017), berikut ini adalah beberapa hal aneh yang harus Anda ketahui tentang freckles. Penasaran?

1. Ada 2 jenis berbeda dari freckles
Satu jenis freckles yang paling umum adalah ephelides, berbentuk datar dan berwarna cokelat muda. Freckles ini biasanya muncul karena pergantian musim.

Selain itu, ada freckles yang disebut sebagai lentigo. Lentigo muncul di kulit biasanya akibat paparan sinar matahari terus menerus.

2. Freckles muncul karena faktor genetik
Bintik-bintik ini muncul karena faktor genetik, yang juga mengatur warna kulit dan rambut Anda. Disebut MC1R, gen ini dapat mengatur warna rambut, kulit, dan kecenderungan freckles untuk muncul.

3. Tidak ada orang yang lahir dengan freckles
Tidak ada bayi yang baru saja lahir telah memiliki freckles. Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama dari munculnya freckles, membuat sel-sel di kulit menciptakan lebih banyak pigmen.

4. Freckles menjadi indikasi kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari
Untuk beberapa orang, melanin diproduksi secara merata di seluruh kulit. Namun, bagi beberapa orang yang tidak mengalaminya, bintik-bintik kecil adalah akibat dari gumpalan kecil melanin yang terpancing karena paparan sinar matahari.

Jika Anda mendapati kulit terdapat banyak freckles, ini bisa menjadi indikasi bahwa kulit sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Bahkan yang lebih buruk adalah kulit berisiko besar untuk terkena kanker kulit.

5. Freckles berfungsi sebagai tabir surya alami kulit
Melanosit berfungsi sebagai tabir surya alami pada kulit yang gelap. Namun, tidak ada alasan untuk tidak mengaplikasikan tabir surya pada seluruh bagian kulit Anda setiap hari.

6. Tidak semua orang berambut merah memiliki freckles
Menurut hasil penelitian, orang-orang berambut merah memiliki lebih sedikit melanin di kulit mereka, namun tidak semua dari mereka pasti memiliki freckles. Hal ini dikendalikan oleh gen yang sama, karena 80% orang berambut mereka memiliki gen MC1R.

7. Pada abad pertengahan, freckles dianggap sebagai tanda penyihir
Sama halnya seperti tahi lalat, kutil, tanda lahir, dan bintik-bintik lainnya, freckles dianggap sebagai tanda seorang penyihir. Intinya, pada abad pertengahan, ketika Anda memiliki freckles, Anda akan dianggap sebagai seorang penyihir yang menyembah setan.

Artikel Selanjutnya
Ternyata, Ini 19 Hal dari Anda yang Buat Orang Lain Jatuh Cinta
Artikel Selanjutnya
4 Keintiman Ini Harus Diketahui Ketika Jalin Hubungan Asmara