Sukses

5 Tips Mudah untuk Mengingat Nama Rekan Kerja di Tempat Baru

Liputan6.com, Jakarta Mengingat nama rekan kerja di kantor yang baru bisa menjadi suatu hal yang rumit selama minggu pertama Anda bekerja. Kita semua pernah mengalami momen-momen aneh seperti itu ketika berusaha untuk mengingat nama orang yang sedang berbicara pada kita, atau menyebut nama yang salah sehingga merasa benar-benar malu.

Anda tak perlu khawatir, karena kabar baiknya adalah Anda bisa menghindari berada dalam situasi tersebut di masa yang akan datang dengan menerapkan tips dari JobStreet berikut ini.

1. Mengulang nama orang tersebut dalam percakapan
Temukan kesempatan untuk mengulang nama orang tersebut selama percakapan dengan mereka. Hal ini bisa menjadi sesederhana seperti dengan bertanya pada mereka, “Berapa lama Anda telah bekerja di bidang pemasaran, Laura?”. Tapi, jangan melakukannya dengan berlebihan.

Tips: Ketika Anda berpamitan, Anda bisa juga mengakhiri percakapan tersebut dengan mengatakan “Senang bertemu denganmu, Laura”.

2. Minta mereka mengeja nama mereka untuk Anda
Sebenarnya hal ini mungkin terlihat aneh jika nama orang tersebut adalah nama yang cukup umum, akan tetapi jika nama orang tersebut tidak biasa atau sulit, mintalah pada orang tersebut untuk mengeja namanya untuk Anda. Memvisualisasikan nama dapat membantu Anda untuk mengingat nama tersebut di dalam ingatan.

3. Membuat Asosiasi
Jika nama orang yang Anda jumpai mirip dengan nama orang terkenal atau mempunyai nama dan minat yang sama dengan seorang selebritas misalnya, buatlah sebuah asosiasi mental untuk mengukir nama tersebut dalam ingatan Anda. Contohnya jika Anda berjumpa dengan seorang David dan dia ternyata menyukai sepak bola, Anda bisa mengasosiasikan orang tersebut dengan David Beckham.

4. Menciptakan sambungan
Mempunyai minat yang sama merupakan ice-breaker yang hebat dan hal ini akan secara otomatis memberikan Anda topik yang bisa menjadi obrolan dengan mudah. Mungkin Anda berdua adalah orang tua dari anak-anak yang masih kecil, atau Anda sama-sama penyayang kucing. Menunjukkan ketertarikan yang tulus pada orang lain seringkali memuluskan jalan Anda menuju percakapan yang mempunyai makna.

5. Menuliskan nama tersebut
Segera setelah Anda punya kesempatan, tuliskan nama orang tersebut dalam daftar kontak beserta catatan tentang apa yang orang tersebut lakukan dan minat yang sama-sama dimiliki.

Tips: Menuliskan sesuatu pada kertas terbukti membantu dalam membuat ingatan yang tahan lama.

Beberapa tips sederhana tersebut dapat diterapkan dalam berbagai situasi saat berjumpa dengan seseorang untuk pertama kalinya di tempat kerja. Hal ini bisa jadi di sebuah acara networking, atau pertemuan sosial dengan rekan sejawat.

Artikel Selanjutnya
Beberapa Sifat Negatif Ini Akan Membuat Anda Dibenci Banyak Orang
Artikel Selanjutnya
Ingin Memiliki Banyak Teman? Ikuti 11 Tips Kepribadian Ini