Sukses

Sulawesi Utara Prioritaskan Pengembangan Destinasi Wakatobi

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberi perhatian khusus pada destinasi Wakatobi. Hal itu agar sejalan dengan keinginan pemerintah pusat untuk menggenjot destinasi wisata di kabupaten yang terdiri dari Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sudah memasukkan Wakatobi ke dalam daftar 10 destinasi prioritas. Targetnya, Wakatobi pada 2019 mendatang bisa menyedot 500 ribu wisatawan mancanegara.

Untuk itu, pada 11-12 April lalu ada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sultra. Musrenbang itu juga menindaklanjuti hasil rapat terbatas (ratas) di Kantor Kepresidenan pada 10 April 2017.

Dalam ratas itu, Presiden Jokowi meminta Pemprov Sultra memberi perhatian khusus pada pengembangan wisata bahari di Wakatobi. Merujuk hasil ratas di Jakarta, Gubernur Sultra Nur Alam dalam musrenbang itu langsung memaparkan komitmen Presiden Jokowi tentang pengembangan Wakatobi.

“Gubernur menegaskan hasil ratas bersama presiden untuk mendukung beberapa proyek strategis Sultra, salah satunya adalah percepatan pembangunan destinasi pariwisata prioritas Wakatobi agar mendapat dukungan dana dari APBD provinsi, APBN dan dana alokasi khusus,” ujar Ari Surhendro selaku person in charge (PIC) Wakatobi di Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Sedangkan Kemenpar telah menerjunkan tim ke Wakatobi. Ada tim dari Kedeputian Bidang Industri Kemenpar yang menyurvei lokasi-lokasi potensial untuk investasi.

“Ada potensi investasi di Pantai Huuntete dan Pantai Kampa di Pulau Tomia, serta Pantai Oa Wolio dan Pantai Kolowofa di Pulau Kapota,” sebut Ari.

Wakatobi juga memiliki sederet agenda yang berpotensi menyedot wisatawan. Karenanya, akan ada calendar of events Wakatobi.

Kemenpar yang dinahkodai Menpar Arief Yahya juga sudah menyiapkan peluncuran Calendar of Events Wakatobi 2017 pada 20 April mendatang. “Launching calendar events Wakatobi akan digelar di calender di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta,” kata Ari.

Yang menggembirakan, Presiden Jokowi dikabarkan akan berkunjung langsung ke Wakatobi. Rencana itu juga sudah dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Gubernur Sultra Nur Alam.

“Bapak Presiden Jokowi akan berkunjung ke Wakatobi dalam waktu dekat,” sebut Ari yang didampingi Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S Thaib.

Sebelumnya Presiden Jokowi dalam rapat kabinet di Istana Negara pada 10 April lalu menyatakan, Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki potensi pariwisata yang bisa jadi unggulan, yakni wisata bahari. Menurutnya, keindahan alam laut di Wakatobi bisa dikembangkan menjadi sebuah magnet yang sangat kuat untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Jika potensi wisata bahari tersebut bisa dioptimalkan, terutama dengan mempercepat pengembangan Wakatobi sebagai kawasan strategis pariwisata nasional, memperlancar akses transportasi, dan konektivitas, serta pembangunan infrastruktur pendukung, akselerasi pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara, saya yakin akan semakin cepat,” katanya.

(*)

Artikel Selanjutnya
Catat, Festival Pesona Tanjung Lesung Digelar Akhir Bulan Ini
Artikel Selanjutnya
Wonderful Sail 2 Indonesia Berlayar Menuju Eksotisme Pulau Riung