Sukses

Ingin Mengadakan Pesta yang Sesuai dengan Anggaran? Simak Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang tersayang pasti selalu menyenangkan. Salah satunya dengan menggelar pesta atau syukuran. Bukan untuk hura-hura atau pemborosan, tapi lebih kepada wujud syukur masih bisa menikmati momen spesial dalam hidup. Boleh, kan?

Tapi bukan berarti Anda harus lupa diri ya. Tentu bisa menyelenggarakan pesta perayaan yang meriah dan berkesan sesuai dengan anggaran tanpa membuat kantong merana.

Menurut DuitPintar.com, ada 5 hal yang perlu disiapkan supaya pesta Anda tidak menguras saldo di rekening. 

1. Tentukan anggaran, dan disiplin mengikutinya
Mau merayakan momen spesial, pastinya ingin seistimewa mungkin. Tapi bukan berarti memaksakan diri untuk membuat pesta di luar kemampuan finansial. Tentukan dulu jauh-jauh hari, kira-kira berapa besar bujet yang sanggup dikeluarkan untuk pesta Anda nanti.

Menggelar perayaan tidak selalu identik dengan mahal dan serba “wah”. Sederhana tapi meninggalkan makna mendalam, itu yang paling penting.

Sudah menetapkan anggaran pesta Rp 5 juta misalnya, maka Anda harus disiplin mengikuti. Jangan di tengah jalan lalu berubah pikiran dan menambah bujet jadi Rp 10 juta. Pastinya tak mau kan demi punya pesta yang “wah”, lalu memaksakan berutang sana-sini?

Ingat, yang namanya utang itu harus dilunasi alias dibayar kembali. Setelah pesta sehari yang “wah” berakhir, jangan sampai di kemudian hari malah dibebani dengan tumpukan utang yang menanti buat dilunasi.

2. Tak perlu gengsi batasi undangan kalau anggaran terbatas
Banyak orang menggelar pesta demi gengsi alias harga diri. Mengundang banyak tamu untuk pamer di media sosial. Sebaiknya kurangi pemikiran seperti ini. Kalau realita kemampuan finansial cuma sanggup mengundang 30 orang, ya sudah.

Pilih mana, memaksakan buat pesta yang ramai tamunya tapi malah malu karena makanan kurang, atau tamu sesuai anggaran tapi makanan berlimpah dan semua senang?

3. Maksimalkan potensi diri untuk mengatur semua sendiri
Salah satu cara ampuh buat menghemat pengeluaran saat ingin menggelar pesta adalah jangan menggunakan jasa EO. Bila anggaran pas-pasan, cukup membuat pesta semampunya. Menyewa jasa EO artinya mengeluarkan uang lebih.

Lakukan semua sendiri dengan meminta bala bantuan sanak saudara atau teman-teman terdekat. Mereka dengan senang hati pastinya akan membantu Anda membuat acara yang meriah.

Buatlah ide-ide kreatif atau tema tertentu. Bisa juga mencontek tutorial, atau ide-ide seru di internet. Memang akan menyita waktu dan tenaga saat merencanakan dan menyiapkan pesta sendiri, tapi ada kepuasan dan kebahagiaan saat melihat semua hasil karya kita bisa dinikmati oleh tamu-tamu yang datang nanti.

4. Manfaatkan kartu kredit
Punya kartu kredit? Nah, kebetulan! Bisa Anda manfaatkan untuk belanja perlengkapan pesta. Mulai dari kue, aksesori pesta, dan beragam camilan, bisa dibeli di toko online atau supermarket yang bekerja sama dengan kartu kredit yang kita punya. Ini bisa menghemat pengeluaran, karena biasanya toko yang bekerja sama itu menawarkan diskon sekian persen.

Dengan demikian, uang tunai bisa digunakan untuk hal-hal lain yang tidak bisa dibeli dengan kartu kredit.

Menggelar pesta atau perayaan sah-sah saja. Tapi ingat, jangan memaksakan untuk membuat pesta yang tidak sesuai dengan isi kantong ya.

Yang penting dari sebuah perayaan itu adalah kebersamaan dan perasaan bahagia dikelilingi orang-orang yang punya makna khusus dalam hidup kita.

Sebuah pesta yang sukses dan meriah itu bukan dinilai dari seberapa besar nominal anggaran yang dikeluarkan. Melainkan seberapa bahagia orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Artikel Selanjutnya
Liburan di Hotel? Pertimbangkan Ini Sebelum Gunakan Layanan Kamar
Artikel Selanjutnya
4 Cara Memilih Foto Profil Terbaik untuk Buat Pria Jatuh Cinta