Sukses

Ingin Jadi Influencer Sukses di Media Sosial? Lakukan 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Ingin punya penghasilan tambahan dari media sosial? Solusinya adalah menjadi influencer. Menjadi influencer, brand ambassador, selebgram atau mungkin buzzer tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Intinya mereka bekerja untuk mempromosikan produk atau sebuah brand lewat akun media sosial pribadi.

Banyak orang yang bilang bahwa influencer menjadi profesi baru yang diidam-idamkan. Bagaimana tidak? Anda tidak perlu kerja kantoran, tapi bisa dapat uang. Semua orang juga pasti mau.

Ditambah lagi sering mendapatkan produk gratis pula dari brand, plus jalan-jalan. Selain itu, Anda juga bisa tenar bak selebritis.

Dalam hal memilih influencer, brand pun tidak asal pilih. Beberapa hal yang jadi pertimbangan mereka adalah, berapa besar followers sang influencer. Dan hal lain tentunya adalah apakah follower influencer tersebut bisa menjadi target pasar brand yang bersangkutan.

Nah, kira-kira bagaimana caranya menjadi influencer yang baik dan tentunya bisa menarik atensi? Simak lebih lanjut tips dari DuitPintar.com berikut ini.

Tentukan profil Anda sebagai influencer
Jika memang Anda bercita-cita jadi influencer. Influencer seperti apakah Anda, dan foto atau video apa yang kiranya bakal sering Anda unggah?

Apakah itu foto mobil dan motor modifikasi, bermain alat musik dengan teknik yang ciamik, atau foto aksi Anda di kejuaraan marathon. Atau mungkin Anda lebih suka memajang video Anda saat mengangkat beban berat di gym atau pamer foto makanan enak?

Tahap ini merupakan tahap pembentukan identitas Anda sebagai influencer. Oleh karena itu, tentukanlah profilmu dengan baik karena hal ini juga berkaitan dengan kriteria penonton.

1 dari 3 halaman

Setiap foto atau video yang diunggah harus menarik

Foto yang Anda unggah haruslah jernih, jelas, proporsional dan artistik. Anda bisa memotretnya dengan ponsel yang memenuhi standar fotografi. Gunakan setidaknya resolusi sebesar 12MP dengan pencahayaan natural tanpa flash di kamera ponsel.

Untuk mendapatkan foto dengan pencahayaan baik, lakukan pemotretan objek sekitar pukul 8-9 pagi atau 4-5 sore. Perhatikan pula background objek.

Video
Sebisa mungkin video yang Anda tampilkan tidak berdurasi lama dan lebih straight to the point.

Pada intinya, followers Anda ingin melihat inti dari videonya. Oleh karena itu buatlah video yang informatif yang durasinya maksimal 1 menit. Pastikan juga videonya jelas dan tidak gelap.

Manfaatkan trending hashtag
Agar foto Anda viral, sudah pasti Anda harus menyertakan hashtag. Carilah hashtag terpopuler yang sesuai dengan foto Anda.

Pastikan Anda menggunakan hashtag yang sering digunakan banyak orang dan konten foto atau video yang menarik, sudah pasti banyak orang yang memberikan tanda “like” untuk konten Anda. Dan tidak menutup kemungkinan, Anda akan mendapat followers baru.

Gunakan trik yang tepat untuk menambah followers
Selain mengunggah konten menarik dengan hashtag yang tepat, apa lagi yang bisa dilakukan untuk menambah followers? Tentunya adalah aktif berinteraksi di media sosial. Seperti follow banyak orang, memberikan “like”, atau komentar di konten orang lain.

2 dari 3 halaman

Sering-sering datang ke event untuk melebarkan networking

Ketika akun media sosial Anda sudah terkelola dengan baik, rajin-rajinlah datang ke event yang berkaitan dengan konten Anda dan melakukan networking dengan perwakilan brand di sana. 

Jangan sungkan untuk bertanya seputar update produk ke mereka. Bila memang followers Anda sudah cukup banyak, tanyakan saja apakah brand tersebut berminat untuk menjadikan Anda influencer atau endorser produk mereka.

Tawarkan harga yang masuk akal, tentunya sesuai dengan jumlah followers, interaksi followers Anda, dan kualitas konten yang Anda buat. Dan mintalah mereka untuk selalu mengundang Anda di saat mereka menggelar event tertentu.

Buat blog pribadi
Memberikan ulasan produk akan lebih maksimal jika Anda melakukannya juga di dalam blog pribadi Anda. 
Lewat blog, Anda bisa menyajikan konten artikel untuk followers Anda. Buatlah tulisan yang SEO friendly dalam blog agar artikel-artikel yang Anda buat mudah muncul di mesin pencari. Gunakan pula keyword yang spesifik.

Ibarat perjalanan karier, menjadi influencer juga butuh perjuangan. Tidak ada yang bisa instan dapat followers banyak tanpa melakukan apa-apa, kecuali Anda adalah artis, musisi, atau tokoh terkenal.
Namun peluang untuk menjadi influencer di media sosial masih tetap terbuka jika Anda punya semangat yang tinggi. 

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Dibilang Pencitraan Soal Keluarga, Anji Ngamuk