Sukses

5 Menu Masakan Praktis ala Anak Kos

Berikut lima resep menu masakan praktis dan sederhana ala anak kos yang bisa diaplikasikan di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai persiapan untuk menyambut bulan ramadhan tentu sudah mulai Anda lakukan, salah satunya menyiapkan resep masakan andalan untuk disantap sahur dan berbuka. Namun jika Anda merupakan anak kos dan tinggal seorang diri tentu persiapan ini menjadi lebih sulit karena jauh dari rumah.

Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya mencoba untuk memasak sendiri agar tetap dapat merasakan nikmatnya masakan rumah dengan resep dan peralatan memasak yang sederhana seperti rice cooker. Bagi Anda yang ingin mencoba memasak di rumah, berikut referensi masakan praktis dari Cookpad, yang bisa dibuat oleh siapapun bahkan oleh Anda yang tidak punya pengalaman memasak sebelumnya, seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (19/4/2017).

1. Nasi

Ilustrasi Foto Nasi Putih (iStockphoto)

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok. Saat sahur, biasanya nasi tetap menjadi primadona karena kandungan karbohidrat dan gulanya dibutuhkan untuk memberikan energi dalam tubuh selama berpuasa. Memasak nasi menggunakan rice cooker memang sudah biasa. Namun, untuk menambah variasi, kita bisa membuat nasi yang beraroma seperti nasi ulam, nasi uduk atau bahkan nasi goreng dengan menggunakan rice cooker. Bahan dan bumbu yang diperlukan sangat sederhana sehingga akan sangat mudah untuk dibuat di kos-an.

2. Bubur

Ilustrasi Foto Nasi Putih (iStockphoto)

Sebagai alternatif jenis masakan, bubur sering dikonsumsi saat sarapan. Hal ini karena teksturnya yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh perut terutama bagi mereka yang tidak terbiasa sarapan dengan menu nasi. Bubur bisa dimasak menggunakan magic com. Sebagai toping, Anda bisa menambahkan abon pengganti ayam dan cakue yang dipotong kecil-kecil. Jangan lupa untuk menambahkan taburan seledri dan daun bawang, kecap dan saos sambal.

3. Sup

Ilustrasi Sup Ayam (iStockphoto)​

Selama bulan Ramadhan jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran. Selain untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh agar saluran pencernaan lebih lancar, sayuran juga bisa mencegah terjadinya sembelit. Sayuran bisa dikonsumsi melalui tumis-tumisan, lalap atau dimasak dalam sup. Makanan berkuah yang cocok untuk menu bulan Ramadhan ini memiliki komposisi bahan dan cara pembuatan yang sederhana. Untuk menambah rasa gurih, Anda bisa menambahkan ayam dalam air rebusannya.

4. Pizza

Ilustrasi Foto Pizza (iStockphoto)

Kalau pizza adalah salah satu makanan favorit Anda tapi tidak memiliki oven di tempat kos, kini waktunya Anda berkreasi dengan membuat pizza menggunakan rice cooker. Siapkan toping favorit dan nikmati pizza buatan Anda bersama sahabat tercinta.

5. Kue bolu

Ternyata, buah nanas tak hanya dapat diolah menjadi kue nastar. Namun, juga dapat diolah menjadi kue bolu. Intip resepnya berikut ini. (Foto: Kokiku Tv)

Kudapan ini bisa Anda buat untuk menu ta’jil. Rasa manis dengan tekstur berongga akan terasa pas sambil dinikmati dengan teh manis saat berbuka puasa. Bukan hanya masakan, kue atau bolu ini bisa Anda buat dengan menggunakan rice cooker. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.