Sukses

Menjelajah Kecantikan Adonara yang Belum Terjamah

Liputan6.com, Larantuka Pulau Flores memiliki sejuta keindahan. Pulau yang terdiri dari laut dan gunung ini memiliki banyak tempat yang belum tersentuh para wisatawan.

Liputan6.com berkesempatan mengunjungi salah satu pantai di Pulau Adonara yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai yang belum memiliki nama ini masih sangat sepi.

Bahkan pada saat kami datang, hanya rombongan dan nelayan lokal sebagai pemandu kami saja yang berada di pantai itu. Jadi, tak ada hotel, restoran atau bahkan penjual suvenir di pantai itu.

Pantai indah nan cantik ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan berkilauan. Pemandangan itu kontras dengan warna laut yang biru kehijauan. Pantai itu juga memiliki pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah. Terdapat pula aneka ikan warna warni yang menjadikan pantai ini menjadi tempat terbaik untuk diving dan snorkeling.

Menjelajah Kecantikan Adonara yang Belum Terjamah (Foto: Christina Nila)

Di pantai ini tampak terlihat semakin sempurna dengan pohon kelapa yang melambai-lambai diterpa semilir angin. Bahkan kita dapat memetik sendiri kelapa yang banyak tumbuh di pinggir-pinggir pantai. Tapi jangan lupa, jika Anda ke sana harus membawa golok untuk memetik kelapa.

Hanya ada satu desa yang paling dekat dengan pantai tak bernama ini, yaitu Desa Wure. Kami pun berkesempatan mengunjungi Desa Wure pada saat perayaan Semana Santa. Di desa itu tampak hanya memiliki penduduk yang sangat sedikit.

Kita bisa sampai di pantai ini dengan menggunakan perahu motor dari Larantuka, Flores. Perjalanan dari Larantuka ke pantai eksotis ini membutuhkan waktu 15 menit jika perahu menyikuti arah arus. Namun, membutuhkan waktu lebih lama jika melawan arus air.

Menjelajah Kecantikan Adonara yang Belum Terjamah (Foto: Christina Nila)

Sepanjang perjalanan dari Larantuka ke pantai itu kita disuguhi pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Ketika kita mulai menjauh dari Larantuka, kita dapat melihat pulau Flores dengan gunung yang kokoh dan rimbun. Namun, jika kita melihat ke arah depan kapal, kita dapat melihat Pulau Adonara yang berbukit-bukit. Gunung dan bukit itu sangat menawan dengan perpaduan air laut yang biru.

Pemandangan menakjubkan lainnya, juga bisa kita lihat jika melihat bagian bawah perahu. Sepanjang perjalanan, kita bisa melihat terumbu karang warna warni dari permukaan air laut yang jernih.

Pariwisata di Pulau Adonara, Flores memang belum berkembang dan diolah secara profesional. Namun di tempat ini kita akan merasakan dan menikmati keindahan alam dengan pesona yang benar-benar masih sangat alami.

 

Artikel Selanjutnya
Romantisme Pulau Pasir Meko di Antara 3 Gunung Api
Artikel Selanjutnya
Nikmati Keindahan Langit Senja di Pantai Kawaliwu