Sukses

Makan Steak Pilih Sirloin Saja, Kenapa? Intip Alasan Ilmiahnya

Liputan6.com, Jakarta Saat makan ke restoran steak, orang biasanya hanya memilih tenderloin atau sirloin. Ya, kedua bagian daging steak ini sangat populer karena memiliki tekstur yang lebih empuk dan tentunya tanpa tulang tidak seperti t-bone.

Di balik nikmatnya steak, ternyata steak sirloin sering dianggap lebih berlemak ketimbang tenderloin, benarkah? Nah, daripada penasaran, coba lihat fakta kandungan gizi di balik steak sirloin.

Sirloin adalah bagian pinggang atas sapi, beberapa restoran steak membiarkan tulang di sekitarnya tetap ada saat proses memasak. Tulang tersebut sebenarnya menambahkan cita rasa steak yang nikmat. Namun, banyaknya orang yang suka boneless steak, kini steak sirloin 100% daging.

Dalam daging steak sirloin, mengandung kalori, lemak, vitamin, protein, dan mineral. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Amerika Serikat, dalam 8 ons sirloin atau 227 gr mengandung 67 gr protein dan 26 gr lemak. Sisanya mengandung nutrisi lain dan air.

• Kalori
Dari 8 ons sirloin mengandung sekitar 400 kalori dan 280 kalori dari proteinnya, sedangkan 120 kalori dari lemaknya. Jika kita mengonsumsi steak sirloin dalam satu hari, maka sudah bisa memenuhi kebutuhan kalori harian.

• Vitamin
Walau banyak orang beranggapan sirloin berlemak, namun terdapat vitamin yang terkandung penting untuk tubuh. Kandungan vitamin tersebut di antaranya adalah vitamin B12, B6, dan riboflavin. Selain itu, vitamin penting lain yang ada di sirloin, yaitu vitamin E, K, folat, pantotenat, dan tiamin.

• Mineral
Dengan mengonsumsi steak sirloin, maka tubuh juga akan mendapatkan mineral. Mineral yang terkandung seperti seng, fosfor, zat besi, selenium, dan kalium. Banyak kan?

Namun, perlu diingat jika nilai gizi sirloin bisa saja berubah jika proses memasaknya berbeda. Cara masak steak terbaik adalah dengan menggunakan panas tinggi, memanggang, dan memasukkan ke dalam oven. Cara ini dipercaya paling baik karena dapat menurunkan kadar lemak di dalamnya.

Kita bisa menikmati berbagai steak, tak hanya sirloin dan dapatkan manfaatnya di Steak Inn. Steak Inn adalah restoran steak yang menawarkan cita rasa berkelas dengan harga yang bersaing.

Semua steak yang ditawarkan memakai daging sapi import. Untuk menambahkan cita rasa daging steak, maka racikan sausnya pun spesial dengan bumbu rahasia.

Selain steak daging sapi, Steak Inn juga menyediakan chicken steak, dory fillet steak dan grilled prawn hingga spaghetti. Steak Inn berlokasi Lokasari Plaza, di Jakarta Barat. 

Kapan lagi bisa makan steak dan minum berdua hanya Rp 50ribuan? Yuk, langsung dapatkan vouchernya di sini.

Artikel Selanjutnya
Ahli Gizi Beberkan Cara Sehat Masak Ayam
Artikel Selanjutnya
Masakan Lebih Sehat dengan 3 Tips Mengolah Daging ala Farah Quinn