Sukses

Setop Lakukan Hal Ini Sebelum dan Sesudah Cukur Bulu-Bulu Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sangat memahami hal-hal yang harus dilakukan saat cukur, seperti tidak melawan arah, karena hal itu bisa sangat menyakitkan. Namun, banyak orang mulai melupakan kebiasaan yang tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah cukur.

Dilansir dari bustle.com, Senin (17/4/2017), berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus Anda tinggalkan sebelum dan sesudah cukur. Penasaran? Simak di sini.

1. Berbagi pisau cukur dengan orang lain
Berbagi pisau cukup juga berarti berbagi bakteri dengan orang lain dan bisa menyebabkan infeksi kulit.

1 dari 3 halaman

2. Melewatkan mandi

Waktu terbaik untuk cukur adalah setelah mandi, karena kelembapan dan uap dapat melembutkan rambut dan membuatnya lebih mudah untuk dicukur.

3. Eksfoliasi
Setelah cukur, tahan untuk tidak eksfoliasi lagi, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

4. Lupa memberi pelumas
Jangan lupa untuk memberikan semacam pelumas sebelum cukur. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan kondisioner rambut.

5. Menggunakan produk yang mengandung alkohol
Setelah cukur, hindari mengaplikasikan produk atau lotion yang mengandung alkohol, karena hanya akan membakar kulit dan memperpanjang waktu penyembuhan.

6. Berenang
Kolam renang bukan tempat yang ramah bagi Anda yang selesai cukur. Cukur membuat pori-pori kulit terbuka, sehingga Anda harus menahan diri satu atau dua hari setelah cukur untuk berenang.

7. Ke pantai
Pantai juga merupakan satu tempat yang harus dihindari setelah cukur. Matahari dan pasir dapat membuat kulit kemerahan, rambut tumbuh ke dalam, bahkan iritasi, dan ifeksi. Berilah waktu beberapa hari setelah cukur.

2 dari 3 halaman

8. Begadang

Waktu terbaik lainnya untuk mencukur bulu-bulu halus tubuh adalah saat malam hari, karena di malam hari, tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri.

9. Kulit terkena panas
Setelah cukur, sebaiknya hindari air panas selama beberapa jam. Bukan berarti Anda dilarang untuk mandi, namun hindari penggunaan air yang terlalu panas.

10. Lupa Melembapkan
Untuk mencegah iritasi kulit, pastikan untuk selalu mengaplikasikan lotion setelah cukur. Carilah pelembap yang mengadung air.

11. Cukur lagi
Setelah cukur, hindari pemikiran untuk melakukan cukur lagi, karena hal ini justru akan memperburuk keadaan kulit Anda. Hindari membuat kesalahan saat cukur untuk membuat kulit lebih sehat dan bebas dari rasa sakit.

Artikel Selanjutnya
3 Trik Aman Cukur Bulu untuk Penderita Psoriasis
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Rambut Rontok