Sukses

Inilah 7 Faktor yang Bisa Mengubah Tipe Kulit Anda

Ternyata, tipe kulit Anda bisa berubah akibat beberapa faktor di bawah ini, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apa tipe kulit yang Anda miliki? Sadarkah bahwa kondisi kulit juga bisa berubah?

Para ahli kecantikan mengakui bahwa ada beberapa faktor internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi perubahan kondisi kulit seseorang, seperti penuaan dan dehidrasi. Dilansir dari bustle.com, Senin (17/4/2017), berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perubahan tipe kulit Anda.

1. Perubahan cuaca atau musim
Menurut para ahli, kulit akan melakukan penyesuaian terhadap cuaca untuk menjaga organ tubuh lain tetap aman. Namun, setiap jenis kulit memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Selain itu, cara Anda menggunakan pemanas atau pendingin ruangan untuk menanggapi cuaca di luar ruangan juga dapat mempengaruhi kulit. Penting untuk menghindari pemanas atau pendingin yang terlalu ekstrim untuk menjaga kulit tetap seimbang.

2. Kerusakan lingkungan
Cuaca bukan satu-satunya faktor eksternal yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Faktor lain seperti polutan, radikal bebas, dan sinar matahari juga turut punya andil. Bahkan, sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat sekitar 80 persen.

3. Tingkat hormon
Ada beberapa tingkatan hormon yang bisa menyebabkan perubahan pada kulit Anda, seperti menstruasi, penggunaan pil KB, kehamilan, menopause, dan pra-menopause. Dalam masa-masa ini, kulit kan lebih berminyak dan berjerawat.

4. Pengobatan topikal
Pengobatan topikal mengandung beberapa bahan yang bisa menyebabkan kulit lebih sensitif, seperti perubahan warna, terasa terbakar, iritasi, alergi, dan mengelupas. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya.

5. Obat-obatan
Beberapa jenis obat dapat membuat kulit terasa lebih kering. Sebaiknya, datang dan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

6. Nutrisi
Ini termasuk ke dalam faktor nutrisi, yaitu pilihan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya seperti tidak cukup minum air, kekurangan vitamin, mengonsumsi alkohol, kafein, dan tidak melakukan diet seimbang dapat menyebabkan kulit sensitif.

7. Gaya hidup
Gaya hidup Anda juga bisa menyebabkan perubahan pada kulit, seperti stres, kurang tidur, kurang olahraga, dan merokok. Anda memiliki kontrol terhadap tipe kulit yang dimiliki, jadi lakukanlah yang terbaik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.