Sukses

Tak Cuma Berburu Telur, Ini Tradisi Unik Paskah di Seluruh Dunia

Beberapa negara di dunia mempunyai juga cara unik untuk menyambut dan merayakan Hari Raya Paskah.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Paskah merupakan hari raya yang diperingati oleh seluruh umat Kristen dan Katolik Saat seperti ini, tradisi berburu telur atau kelinci Paskah tentulah jadi acara yang wajib dilakukan untuk menambah keriahan suasana.

Tradisi tersebut awalnya dibawa oleh para imigran Jerman ke Amerika sekitar tahun 1700-an. Telur dan kelinci merupakan simbol kesuburan dan kelahiran kembali. Tak disangka, tradisi seperti ini menjadi menyebar ke seluruh belahan dunia.

Beberapa negara di dunia ternyata punya juga cara unik untuk menyambut dan merayakan Hari Raya Paskah, lho. Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/04/2017), simak ulasannya berikut ini, ya.

1. Finlandia

Tradisi Paskah di Finlandia (sumber: Sumber : Kotiliesi.fi).

Anak-anak Finlandia akan melakukan tradisi viporminen saat Paskah tiba. Mereka akan menggunakan kostum bak seorang penyihir. Bedanya penyihir tersebut terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Sambil membawa keranjang kecil dan ranting yang sudah dihias, bocah-bocah ini nantinya akan mengetuk satu per satu pintu rumah tetangga mereka dan memberi ucapan “Selamat Paskah”.

Sebagai imbalannya, tuan rumah pun membagikan sejumlah permen ke mereka. Di beberapa orang yang tinggal di wilayah Finlandia Barat juga biasanya membuat api unggun saat Minggu Paskah datang. Tradisi ini dilakukan karena keyakinan bahwa api dapat mengusir penyihir-penyihir jahat yang terbang saat Jumat Agung dan Minggu Paskah.

2. Polandia

Tradisi Paskah di Polandia (Sumber: culture.pl).

Saling serang menggunakan air yang dikenal dengan Smingus-Dyngus merupakan tradisi Paskah orang Polandia yang dilakukan di hari Minggu. Alat yang digunakan untuk menyerbu lawan bisa berupa apa saja. Mulai dari ember hingga pistol air dapat Anda gunakan.

Menurut mitos penduduk lokal, anak gadis yang berhasil tersiram air ini dipercaya akan segera menikah atau mendapatkan rezeki. Selain itu, traidisi ini pun merupakan wujud syukur atas pembabtisan Pangeran Mieszko dari Polandia pada Senin Paskah tahun 966 SM.

3. Yunani

Tradisi Paskah di Yunani (Sumber: pinterest).


Di Sabtu Suci, tradisi membuang pot jadi hal utama yang dilakukan oleh masayakarat dari Yunani. Mereka akan membuang pot, panci, dan perkakas lama di rumahnya ke jalan. Ada yang mengatakan kalau kebiasaan unik ini berasal dari Venesia untuk menyambut Tahun Baru.

Ada pula yang percaya kalau tradisi membuang pot jadi salah satu cara untuk menyambut musim semi. Hal tersebut merupakan simbol saat memulai hari baru tanaman-tanaman pun akan bersemi di pot baru.

4. Norwegia

Tradisi Paskah Paaskekrimmen di Norwegia.


Bagi warga Norwegia, Paskah merupakan waktu untuk mereka membaca novel thriller. Tradisi tak biasa ini dikenal dengan nama Paaskekrimmen. Tradisi ini dimulai sejak 1923 ketika sebuah penerbit buku mempromosikan novel kriminal di halaman depan koran Swedia.

5. Spanyol

Tradisi “Dansa De La Mort” atau tarian kematian di Spanyol.

Di Kamis Suci, warga Spanyol akan menggelar tradisi “Dansa De La Mort” atau tarian kematian. Mereka biasanya akan menggunakan kostum menyerupai tengkorak dan melakukan parade keliling kota dari malam hingga pagi hari. Wah, tradisi unik kok malah seperti Halloween ya?

6. Republik Ceko dan Slovakia

Tradisi Paskah di Republik Ceko dan Slovakia (Sumber : 52inska.com).

Warga Republik Ceko dan Slovakia punya tradisi unik untuk merayakan Paskah. Jika Paskah biasanya dirayakan saat hari Jumat, di negara ini justru memperingatinya pada hari Senin.

Warga akan memukul para perempuan dengan menggunakan ranting kecil yang sudah dihias dengan pita. Menurut mitos, ranting muda yang tumbuh di musim semi dapat memberikan vitalitas dan kesuburan untuk kaum hawa. Tenang, tradisi unik ini tak akan melukai siapapun kok. Sebab, perempuan-perempuan tersebut akan dipukul secara pelan-pelan.

Nah, jika Anda tertarik untuk merayakan Paskah tahun depan di salah satu negara tersebut, Anda sebaiknya menyiapkan rencana perjalanan dengan matang. Untuk akomodasi, percayakan tiket pesawat & hotel Anda di Reservasi.com. Pesan dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik dan diskon heboh s.d Rp1.000.000 tanpa minimum transaksi.



(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.