Sukses

10 Rahasia Tingkatkan Mood Saat Depresi

Meningkatkan mood memang tidak bisa dilakukan secara instan, namun beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantu Anda saat depresi.

Liputan6.com, Jakarta Faktanya, ada banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan mood. Anda mungkin merasa telah melakukan segala cara, namun tidak juga berhasil.

Dilansir dari yourtango.com, Senin (17/4/2017), berikut ini adalah beberapa rahasia untuk meningkatkan mood, walaupun Anda sedang merasa depresi. Penasaran?

1. Luangkan waktu lebih banyak dengan teman dan kerabat
Berbicara dengan orang lain tentang perasaan yang Anda alami dapat membantu untuk melihat perspektif baru, memperoleh saran, dan dukungan. Jangan takut untuk mencari bantuan.

Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara langsung, hubungi mereka melalui telepon. Walaupun tidak membicarakan perasaan, menghabiskan waktu dengan orang terkasih dapat membantu meningkatkan mood Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan mengerjakan hal di luar kemampuan Anda

Kerjakan tugas sedikit demi sedikit dalam tenggat waktu yang realistis. Cobalah untuk mengurangi stres dengan tidak menyalahkan diri sendiri.

Anda harus memberikan diri sendiri ruang dan waktu yang dibutuhkan untuk menjadi lebih baik. Anggaplah langkah mundur untuk melompat lebih jauh.

3. Habiskan lebih banyak waktu melakukan hal yang Anda sukai
Lakukan segala hal yang Anda sukai, entah itu membaca buku, berbelanja, nonton di bioskop, memasak, atau sekedar menghabiskan waktu bersama teman. Jangan berpikiran negatif akan meningkatkan mood Anda terhadap berbagai hal baik.

4. Keluar dari ruangan atau rumah
Pemandangan, suara, dan aroma dapat membuat Anda merasa lebih segar. Cobalah pergi keluar ruangan atau rumah selama beberapa waktu dalam sehari.

3 dari 3 halaman

5. Melawan pikiran negatif

Buatlah daftar hal positif yang Anda miliki, bacalah berulang kali dalam sehhari. Seburuk apapun situasinya, ingat bahwa Anda tidak akan terus menerus merasakannya.

6. Realistis terhadap kemajuan yang diraih
Memperbaiki mood cenderung dilakukan secara bertahap, sedangkan mood buruk biasanya datang secara tiba-tiba. Jangan menyalahkan diri sendiri dan merasa putus asa.

7. Jangan terburu-buru membuat keputusan penting
Seperti memutuskan berhenti bekerja di sebuah tempat, bercerai, atau menghabiskan banyak uang. Pergolakan batin biasanya akan membuat Anda depresi, daripada meningkatkan mood.

8. Tidur cukup
Tidur yang cukup dan nyenyak akan membuat mood Anda terasa lebih baik.

9. Konsultasi dengan profesional
Mintalah saran dan dukungan dari dokter atau psikiater untuk membuat Anda lebih santai.

10. Pilih seseorang yang bisa dihubungi sewaktu-waktu
Entah keluarga, teman, dokter, atau siapapun itu, pikirkan seseorang yang bisa Anda hubungi sewaktu-waktu, jika terjadi sesuatu saat mood buruk. Taruh nomor teleponnya di kontak telepon genggam Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.