Sukses

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Dapatkan Berat Badan Ideal

Saatnya Anda segera hindari lima kebiasaan yang masih sering dilakukan di pagi hari untuk dapatkan berat badan impian.

Liputan6.com, Jakarta Untuk berusaha menurunkan berat badan, mungkin Anda sudah menghindari makan makanan cepat saji dan makanan manis dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, berolahraga secara teratur pun sudah Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan idaman, tapi tetap saja tak kunjung turun.

Faktanya, sebagian besar orang tak menyadari bahwa ritual pagi hari mereka justru dapat mencegah untuk mendapatkan berat badan impian mereka. Seperti yang ditulis dalam laman Bright Side, Sabtu (15/4/2017) kebiasaan yang masih Anda lakukan ketika bangun di pagi hari ini, justru harus dihindari jika ingin mendapatkan berat badan impian.

1. Terlalu banyak tidur
Tidur yang terlalu sedikit, akan membuat tubuh menghasilkan hormon stres kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, tidur terlalu berlebihan juga tidak jauh lebih baik untuk Anda. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh PLOS One jurnal, tidur lebih dari 10 jam dapat menyebabkan indeks masa tubuh meningkat lebih tinggi. Jadi sebaiknya tidurlah dengan cukup selama 7 hingga 9 jam setiap hari.

2. Anda lebih siap dalam gelap
Bukalah tirai atau gorden kamar Anda setelah bangun tidur di pagi hari. Satu studi dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa gelombang biru dari cahaya matahari pagi akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membangunkan tubuh. Meskipun hanya dalam waktu 20 hingga 30 menit saja, cahaya matahari pagi dapat mempengaruhi indeks massa tubuh Anda.

3. Anda tidak merapikan tempat tidur
Sebuah studi oleh US National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa orang yang selalu membuat tempat tidur menjadi rapi akan tidur lebih nyenyak setiap hari. Karena tidur yang sehat dan nyenyak adalah cara yang optimal untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat.

4. Anda sering lupa menimbang berat badan
Para peneliti dari Cornell University membuktikan bahwa bila Anda rajin menimbang berat badan adalah teknik sukses untuk menurunkan berat badan. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari sebelum makan dan minum. Karena berat badan air dari semalam akan membuat Anda mendapatkan jumlah berat badan yang lebih akurat.

5. Makan sedikit saat sarapan
Para peneliti dari Tel Aviv University mengungkapkan bahwa Anda harus memanjakan diri dengan beragam menu sarapan lezat di pagi hari. Karena faktanya, sarapan seimbang mengandung 600 kalori dari protein, karbohidrat dan beberapa makanan penutup yang akan membuat rencana diet harian Anda lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini