Sukses

Ingin Tidur dengan Nyenyak? Lakukan 4 Hal Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Jadwal padat seharian di tempat kerja, kerap meninggalkan rasa lelah yang tak tertahankan. Bahkan hal ini dapat membuat tidur menjadi kacau dan tak berkualitas. Akibatnya tubuh pun tak dapat beristirahat dengan maksimal.

Jangan khawatir, ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kualitas tidur malam saat tubuh terasa sangat lelah. Berikut adalah 4 hal yang dapat Anda lakukan agar tidur malam menjadi lebih nyenyak seperti dikutip dari situs Lifehack.

1. Rutinitas teratur

Persiapan tubuh dan pikiran Anda untuk tidur. Berikan sinyal pada tubuh Anda bahwa ini sudah waktunya untuk tidur.

Anda bisa mencoba hal-hal santai seperti mandi, minum secangkir teh herbal, mendengarkan musik santai, bermeditasi, atau bahkan menyalakan aroma terapo dengan minyak esensial santai di kamar.

2. Jauhkan smartphone 

Menggunakan smartphone sesaat sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur Anda. Jika Anda kerap memeriksa smartphone Anda di tempat tidur tubuh serta pikiran pun akan kesulitan untuk beristirahat. Cobalah untuk menyimpannya agak jauh dari tempat tidur Anda.

3. Berolahraga secara teratur

Cobalah untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Ini akan membantu tubuh menyalurkan energi berlebih sebelum Anda pergi tidur. Hal ini juga akan membantu tubuh lebih mudah relakas.

4. Patuhi jadwal

Suka atau tidak, metabolisme tubuh akan mengikuti kebiasaan aktivitas harian Anda. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, coba perhatikan rutinitas harian Anda. Cobalah untuk mengatur waktu untuk tidur dan bangun tepat waktu setiap hari agar tubuh dapat beristirahat maksimal serta beraktivitas dengan prima.


Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks