Sukses

5 Kesalahan yang Masih Anda Lakukan Saat Memasak Telur

Memasak telur membutuhkan keahlian khusus yang harus dilatih, simak di sini kesalahan yang mungkin masih Anda lakukan sampai sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Telur adalah makanan paling umum yang dikonsumsi oleh semua orang. Rasanya hampir tidak ada orang yang tidak pernah merasakan telur.

Mungkin Anda salah satu orang yang senang mengonsumsi telur sebagai makanan sehari-hari, namun tahukah Anda bahwa memasak telur juga membutuhkan keahlian? Dilansir dari purewow.com, Kamis (13/4/2017), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin masih sering Anda lakukan saat memasak telur. Penasaran?

1. Merebus telur di dalam air biasa
Bagaimana biasanya cara Anda merebus telur? Apakah memasukkannya begitu saja ke dalam air mendidih?

Cara terbaik merebus telur adalah dengan menambahkan sedikit cuka atau jus lemon ke dalam air tersebut, baru memasukkan telur ke dalamnya. Cara ini dapat mengikat putih dan kuning telur agar tidak tercampur.

2. Terlalu mengacak-acak telur
Selain merebus, bagaimana biasanya Anda membuat telur orak-arik? Apakah memecah telur langsung di minyak panas dan mengacak-acaknya begitu saja?

Sebaiknya, pecahkan telur di sebuah wadah tertentu, kocok hingga bagian putih dan kuning benar-benar tercampur, baru letakkan di atas minyak panas. Proses mengacak telur yang telah dikocok akan membuat hasilnya lebih baik.

3. Menambahkan topping terlalu cepat
Biasanya saat membuat telur orak arik, Anda akan langsung menambahkan topping, seperti tomat dan bayam. Sebaiknya, hindari melakukan hal ini lagi.

Kecilkan panas api sampai dengan sedang, sebelum mengacak-acak telur, tambahkan topping di atas. Cara ini jauh lebih baik.

4. Membalik telur tanpa latihan
Membalik telur hingga mendapatkan hasil sempurna membutuhkan latihan serius. Untuk menghindari kuning telur yang rusak, tutup wajan dengan penutup, dan kecilkan panas api hingga ke tingkat rendah.

Cara ini akan membuat uap putih telur menutupi bagian kuning dan mempermudah Anda untuk membaliknya.

5. Merebus terlalu lama
Waktu merebus telur yang paling baik adalah delapan sampai sebelas menit saja. Setelah itu, masukkan telur tersebut ke dalam lemari es.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini