Sukses

5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan di Usia 20-an

Liputan6.com, Jakarta Usia 20-an katanya menjadi waktu paling menantang. Kebanyakan mereka menuntaskan pendidikan dan banyak yang memulai kariernya.

Masa pencarian jati diri, ambisi, serta obsesi sukses di usia muda, sering membuat mereka melakukan lima kesalahan paling umum di usia 20-an. Seperti melansir dari Lifehack.org, Rabu (12/4/2017) berikut uraiannya;

Kesalahan # 1
Memaksa diri untuk mencari tahu semua hal dan mengharapkannya terjadi sekaligus

Tekanan untuk membangun karier sukses, menemukan pasangan sempurna, dan menemukan visi pada usia 30-an menjadi tuntutan bagi orang muda. Tak heran jika masalah kesehatan mental banyak terjadi pada kelompok usia ini.

Kesalahan # 2
Hidup untuk bekerja bukan bekerja untuk hidup

Mempunyai karier dan mendapatkan gaji yang baik menjadi menjadi kebanggan dan kepuasan tersendiri. Apalagi saat ditawarkan berbagai pilihan tempat kerja dengan gaji lebih menggiurkan.

Beberapa orang memutuskan pindah untuk uang yang melimpah dengan konsekuensi kehilangan hobi dan banyak waktu luang. Jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda. Coba untuk menyeimbangkan antara bekerja dan menikmati hidup.

Kesalahan # 3
Menjadi sinis daripada berusaha memikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat perbedaan

Pilihan untuk menjadi Sangat sinis dan fokus pada pemikiran negatif menghalangi langkah Anda untuk menciptakan inovasi. Padahal ketimbang sinis, Anda bisa mengambil kesempatan utnuk membuat perbedaan.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah donasi dan sumbangan rutin ke lembaga-lembaga terkait, melakukan pekerjaan sukarela, atau terlibat dalam kelompok yang bermanfaat untuk masyarakat setempat.

Kesalahan # 4
Berpikir cinta saja sudah cukup untuk mempertahankan sebuah hubungan

Hubungan terbaik tidak didasarkan hanya pada cinta romantis saja. Tapi lebih kepada nilai-nilai bersama, impian, dan tujuan. keterampilan komunikasi dan kemampuan untuk berdebat tanpa menyakiti satu sama lain juga mutlak diperlukan.

Kesalahan # 5
Menyalahkan orang tua dan melupakan mereka juga manusia

Cara dibesarkan dan hubungan yang dimiliki dengan orang tua pasti akan mempengaruhi hidup Anda. Namun, banyak anak di usia 20-an yang membuat kesalahan dengan mengaitkan semuanya kepada orang tua.

Cobalah untuk mengambil pandangan yang lebih seimbang dari orang tua Anda. Kebanyakan orang tidak tahu apa yang mereka lakukan ketika menyambut anak pertama mereka ke dunia. Ingatkan diri Anda jika orang tua juga manusia.

(M. Andreas)

Artikel Selanjutnya
3 Orang Ini Ternyata Sosok yang Telah Mengubah Dunia
Artikel Selanjutnya
Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?