Sukses

5 Cara Mudah dan Murah Menghilangkan Stres dalam Segala Situasi

Tak ada cara untuk menghindari stres, namun selalu ada cara untuk mengurangi kadar stres. Cek di sini

Liputan6.com, Jakarta Stres memainkan peran dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari. kita pasti pernah mengalami hari yang buruk namun di hari lain hidup kita terasa sangat menyenangkan.

Namun jarang sekali kita bisa benar-benar mengatakan, "Saya 100 persen bebas stres." Ya, semua orang, dari tunawisma sampai milirder rentan terhadap stres seperti melansir dari Lifehack.org, Selasa (11/4/2017).

Tidak ada cara untuk menghindarinya. Tetapi selalu ada cara untuk mengurangi kadar stres yang Anda menderita. Berikut adalah lima tips ampuh untuk mengurasi stres di hampir setiap situasi.

1. Makan SehatMeski faktor psikologis mempunyai porsi terbesar pada timbulnya stres, faktor fisik juga ikut berkontribusi terhadap respons alamiah manusia. Sebab itu, untuk mengurangi stres, pastikan Anda memperlakukan tubuh dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makan sehat.

"Tidak ada makanan 'anti-stres'. Namun Anda bisa mengadopsi diet alkali yang diajurkan," kata Gilles Barbot, Pendiri dan Direktur Esprit de Corps, sebuah program pembinaan kepemimpinan.

Makanan yang mengandung kadar alkali antara lain;lemon, kacang, bawang, nanas, biji labu, raspberry, ubi jalar, jus sayuran, dan semangka.

2. Bangun Lebih AwalMemang benar jika semakin banyak tidur, Anda akan lebih sedikit rentan pada stres. Namun, bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi memiliki manfaat daripada tidur lebih lama.

Dengan tambahan waktu, Anda tidak akan merasa terburu-buru atau mudah letih di pagi hari. Hal ini memungkinkan Anda menghindari diburu waktu, mempersiapkan diri degan lebih baik, dan makin percaya diri.

3. Biarkan Stres Memotivasi AndaKarena tidak akan pernah bisa menghilangkan 100 persen stres, salah satu hal terbaik yang dapat adalah membiarkan stres memotivasi Anda. Ya, reaksi psikologis dan fisik yang disebabkan oleh stres seharusnya dapat meningkatkan indera dan memberdayakan kita untuk melawan atau melarikan diri ancaman stres itu sendiri.

Jika anda tertekan oleh banyaknya pekerjaan di minggu ini, cobalah untuk mengambil waktu lembur setidaknya lebih 3 jam dan ulangi di esok hari. Jika anda tertekan karena penghasilan terlalu sedikit ? carilah pekerjaan sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Mengambil tindakan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membunuh stres, ketimbang hanya meratapi diri dengan tidak melakukan apa pun yang berarti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Cara Mudah dan Murah Menghilangkan Stres dalam Segala Situasi

4. Tonton Clip Video LucuBerikut tip sederhana dan praktis: Menonton klip video lucu di mana pun saat ada kesempatan. Penelitian menunjukkan jika melihat sesuatu yang menyenangkan dapat mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan respons ketenangan secara fisiologis dan ketenangan secara menyeluruh. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan Anda akan lebih dimanjakan dengan kebahagiaan.

5. Berjalan-jalan DiluarSama seperti aktivitas kardiovaskular lainnya, berjalan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin akan meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Hal ini dapat meningkatkan tingkat energi dan memori sebanyak 20 persen. Studi di UK menjelaskan jalan-jalan di ruang hijau mengirim pesan pada otak di mana Anda sedang melakukan meditas.

(M. Andreas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini