Sukses

Cemas, tapi Tidak Tahu Kenapa? Trik Ini Bantu Anda Menjawabnya

Liputan6.com, Jakarta Walaupun semua hal di dunia ini memiliki alasan, rasa cemas terkadang datang tanpa alasan sama sekali. Parahnya, jika rasa cemas tak beralasan ini dibiarkan terus-menerus, Anda akan menjadi orang yang mudah tertekan secara emosional.

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (11/4/2017), banyak orang memahami penyebab dari rasa cemas yang mereka alami, tetapi berusaha menutupinya. Sayangnya, rasa cemas bukan hal yang mudah untuk diungkapkan.

Jika Anda sering mengalami tiba-tiba merasa cemas tanpa alasan, jangan khawatir. Seorang pelatih pola pikir, Rebecca Mckown, menciptakan beberapa pendekatan yang mudah untuk mencari tahu sumber dari rasa cemas yang Anda alami.

1. Carilah sebuah tempat yang tenang dan duduklah di sana. Deskripsikan rasa cemas Anda ke dalam kata-kata. Seperti apa rasanya? Apa gejalanya? Apa dan siapa yang menyebabkan rasa cemas tersebut muncul?

2. Lihat kembali apa yang Anda tulis dan lingkari kata-kata yang memicu emosional Anda.

3. Tuliskan kembali memori yang paling kuat dan paling awal terkait dengan kata-kata tersebut. Ini merupakan langkah yang sangat penting. Anda tidak boleh mengubah perasaan atau emosi terhadap hal tersebut.

4. Carilah hal umum dalam kenangan tersebut. Ketika Anda berhasil menemukannya, maka Anda juga menemukan akar permasalahan yang membuat rasa cemas secara tiba-tiba itu.

Mengetahui akar rasa cemas dapat benar-benar mengubah hidup dan membantu Anda untuk menjalaninya secara lebih tertata. Menurut Rebecca, rasa cemas biasanya datang untuk mengajarkan sesuatu yang perlu dipelajari atau diatasi.

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis