Sukses

7 Kebiasaan Bahasa Tubuh dari Orang Sukses yang Bisa Anda Ikuti

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang bahwa tubuh kita memiliki bahasa tubuh sendiri dan kadang-kadang dapat lebih jelas mengartikan sesuatu dibanding kata-kata. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan menggunakan sinyal-sinyal non-verbal memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi.

Seperti yang dilansir dari situs Bright Side, Selasa (11/4/2017) ada tujuh kebiasaan bahasa tubuh yang dapat membantu Anda menjadi lebih sukses. Penasaran apa saja?

1. Duduk dengan tegak
Membungkukan badan ketika duduk di kursi, menempatkan siku di atas meja, sambil menutupi wajah dengan tangan merupakan bahasa tubuh yang tidak hormat. Bahasa tubuh ini mengartikan bahwa Anda tidak tertarik pada apa yang Anda dengar. Sebaliknya, jika Anda duduk dengan punggung lurus dan bahu tegak ke belakang, Anda akan terlihat lebih percaya diri serta menunjukkan posisi kekuasaan.

Ingat, semakin banyak tubuh Anda menempati kursi, maka Anda akan terlihat semakin sukses. Jangan terlalu sering duduk membungkuk ketika bekerja karena Anda akan jauh dari proyek-proyek yang besar.

2. Gunakan gestur tubuh dengan benar
Jika Anda terlalu membesar-besarkan gerakan gestur tubuh Anda, orang akan berpikir bahwa Anda sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu. Di sisi lain, gerakan gestur tubuh seperti melebarkan kedua tangan menunjukkan bahwa tidak ada hal yang perlu disembunyikan.

3. Hindari menyilangkan kedua tangan
Ketika Anda menyilangkan kedua tangan di dada, bahasa tubuh ini memberikan arti bahwa Anda tidak fleksibel dan tidak setuju dengan apa yang orang lain katakan. Bahkan jika Anda sambil tersenyum, menyilangkan kedua tangan bukanlah bahasa tubuh yang baik.

1 dari 2 halaman

4. Berhenti menyentuh rambut

Jika Anda menjadi salah satu orang yang sering terus menerus merapikan rambut, memainkannya serta berusaha menyentuhnya sepanjang waktu ketika orang lain sedang berbicara dengan Anda, hentikan kebiasaan itu sekarang! Karena bahasa tubuh ini hanya akan menunjukkan rasa tidak nyaman dan kurang perhatian. Setop menyentuh rambut Anda dan cobalah untuk lebih fokus saat berkomunikasi dengan lawan bicara.

5. Senyum
Tersenyumlah meskipun tidak setuju dengan gagasan orang lain. Karena hal ini akan membentuk karakter yang kuat pada diri Anda. Tersenyum di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki kendali atas situasi di sekitar. Selain itu, senyum juga dapat membuat Anda tetap tenang dalam mengatasi stres.

6. Kontak mata
Bahasa tubuh yang satu ini adalah hal yang paling penting saat berkomunikasi dengan orang lain. Namun, kontak mata yang terlalu intens justru dapat memberikan kesan mengintimidasi lawan bicara dan mungkin menunjukkan ketidaknyamanan dari kata-kata lawan bicara Anda.

Sebaliknya, jika Anda menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang disembunyikan. Anda harus coba untuk menahan kontak mata secara alami dengan melihat ke dalam mata dan memberikan jeda untuk menyampaikan pesan yang benar.

7. Berjabat tangan
Jangan pernah memberikan jabat tangan yang lemah. Karena ini artinya Anda tidak menghargai lawan bicara Anda dengan baik. Jika ada seseorang yang ingin berjabat tangan dengan Anda, pastikan berikan genggaman yang tegas dan tidak harus terlalu kuat. Sebuah jabat tangan yang baik memungkinkan Anda lebih percaya diri dan menjaga hubungan lebih baik.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ingin Tubuh Ideal, Lakukan Pola Makan Ini