Sukses

Mau Usaha Restoran Anda Bertahan? Simak Tips dari Chef Australia

Liputan6.com, Jakarta Membuat usaha restoran tentu membutuhkan banyak usaha yang dikeluarkan untuk terus berjalan. Chef Shane Delia, seorang celebrity chef dari Australia, juga memiliki resep ampuh untuk mempertahankan usaha restoran di tengah kompetisi yang ketat. Seperti yang ia sampaikan dalam kegiatan Victorian Luncheon with Guest Chef Shane Delia.

“Persaingan usaha restoran di Melbourne sangatlah ketat, dari ribuan usaha yang buka, setiap tahunnya aka nada 800 restoran yang tutup karena tidak bisa bertahan,” ungkap Chef Shane di Social House, Grand Indonesia, Rabu (5/4/2017)

Chef yang memiliki Maha Restaurant and Biggie Smalls, di kota Melbourne ini, tidak menampik bahwa banyak kegagalan dalam bisnis restoran terjadi karena tidak cakapnya pemilik. Mereka hanya melihat restoran hanya sebagai industri yang harus berjalan dan memberikan pemasukan banyak bagi pemiliknya. Namun kenyataannya restoran lebih dari sekedar industri dan harus memikirkan hubungan baik antar rekan yang terlibat.

“Untuk bertahan, kita harus memandang restoran bukan sekedar menjadi industri saja, tapi harus dekat dengan karyawan. Bahkan ketika karyawan memutuskan keluar, kita harus mempertahankan persahabatan,” ungkap Chef Shane.

Salah satu cara yang Chef Shane lakukan adalah membagi parohan saham yang ada dalam restorannya bagi para karyawan yang memiliki kriteria baik. Sehingga semakin hari bekerja, rasa memiliki restoran akan makin besar dan bisa bertahan hingga tahun-tahun kedepannya.

“Sebenarnya restoran yang bertahan dua hingga tiga tahun itu sudah luar biasa karena persaingan yang sangat ketat. Untuk itu selalu jujur dan dekat dengan karyawan menjadi kunci untuk mempertahankan restoran,” tutup Chef Shane.

Artikel Selanjutnya
Mau Menikmati Pesona Wisata Indonesia? Kapal Pesiar Jawabannya
Artikel Selanjutnya
Sensasi Menyantap Daging Wagyu dalam Semangkuk Bakso