Sukses

Ciri-Ciri Tabir Surya yang Sudah Kedaluwarsa

Tahukah Anda tanda-tanda tabir surya yang sudah kedaluwarsa?

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang terik membuat Anda tidak berani keluar rumah tanpa menggunakan pelindung. Salah satu produk kecantikan yang mampu melindungi Anda dari sinar UV adalah tabir surya. Tapi bagaimana jika pelembap ini sudah berumur satu tahun? Apakah masih layak untuk digunakan?

Dilansir dari Cosmopolitan, Jumat (7/04/2017), berikut tips yang bisa diikuti untuk memastikan bahwa tabir surya Anda masih bisa digunakan atau tidak.

1. Periksa Tanggal Kedaluwarsa
Secara umum, tabir surya mulai kedaluwarsa setelah tiga tahun setelah diproduksi, baik itu dengan kemasan terbuka maupun tidak. Oleh sebab itu setiap produk akan tertera tanggal kedaluwarsa pada bagian bawah kemasan. Menurut seorang dokter kulit, Ellen Marmur, MD, hampir semua produk tabir surya memiliki bahan pengawet sehingga mereka akan tetap bekerja setelah tanggal yang tertera, akan tetapi kualitasnya mengalami penurunan. Ellen juga menyarankan, jika Anda ragu dan tidak menemukan tanggal kadarluarsa, sebaiknya dibuang saja.

2. Hati-hati dengan Perubahan
Jika Anda menggunakan tabir surya tahun lalu, selama tidak terjadi perubahan pada kondisi lotion, maka masih tetap aman untuk digunakan. Jika berubah warna dan berair, maka tabir surya Anda sudah mengalami penurunan kualitas.

3. Penyimpanan
Apabila tabir surya tersebut disimpan di tempat yang tepat, maka akan membuatnya lebih bertahan dibandingkan disimpan di tempat dengan suhu yang tidak ideal.


*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini