Sukses

Menyantap Tambusu dengan Nasi Kapau Uni Cah Khas Bukittinggi

Liputan6.com, Jakarta Bukittinggi dikenal sebagai rumahnya nasi kapau, nasi campur khas kota tersebu. Sebuah tempat populer yang menjajakan hidangan lokal ini adalah Los Lambuang di Pasar Wisata. Kalau Anda ingin menyantap nasi kapau di tempat yang lebih nyaman dan tenteram, Anda harus singgah di Nasi Kapau Uni Cah. Berlokasi di Jalan Padang Luar, tepat sebelum pintu masuk utama ke kota Bukittinggi, rumah makan ini menawarkan tempat yang cukup luas serta tampilan yang layak.

Didirikan sejak 1981, setiap harinya, rumah makan ini dipenuhi pelanggan dari warga setempat serta wisatawan. Mereka masih mengadopsi cara penyajian tradisional nasi kapau, meski tampilan tokonya sudah modern. Beragam sajian ditumpuk di area khusus dan para pelanggan tinggal memilih lauk, yang kemudian ditempatkan di piring oleh para pramusaji. Cara unik yang membuat para pecinta kuliner mendapatkan sentuhan khas Bukittinggi.

Menu tambusu, usus sapi yang diisi dengan telur urak-arik dan santan menjadi hidangan khas Bukittinggi yang sangat susah dijumpai di Ibukota. Sajian ini menawarkan kombinasi lezat antara tekstur kenyal usus dengan isian telurnya yang lembut, cita rasa yang akan melekat lama di ingatan. Kenikmatan yang tiada bandingan, di mana Anda bisa mencicipi kuliner tradisional nan autentik langsung dari tempat asalnya.

Selain tambusu, hidangan rendang ayam di sini juga tak kalah nikmat. Ini juga termasuk salah satu resep tradisional Sumatera Barat yang sangat jarang disajikan di restoran Minang yang ada di Jakarta. Rendang ayamnya empuk, dengan racikan santan kental yang dibumbui dengan sempurna. Sensasi dari tekstur juicy dan lembut yang berpadu dengan gurihnya olahan bumbu rendang di lidah, sangat memanjakan lidah.

Yang membedakan nasi kapau dengan nasi padang biasa adalah penggunaan nasi pulen. Makanan pendampingnya dimasak dengan minyak yang takarannya lebih sedikit dibandingkan biasanya, sebuah fakta yang hanya bisa dideteksi langsung oleh warga setempat.

Temui berbagai hidangan asli Indonesia lainnya di Good Indonesian Food (GIF) 

Jl. Padang Luar KM 4,
Bukittinggi
T: (0752) 628 700
Buka setiap hari dari jam 09.00-21.00 WIB
Rp60.000/US$4,50 per orang. 

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Cara Bersihkan Karpet Setelah Lebaran
Artikel Selanjutnya
Serunya Berinteraksi Dengan Berbagai Fauna di Dubai