Sukses

Ingin Lebih Produktif Bekerja? Setop 7 Kebiasaan Buruk Berikut

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaan, ada hal-hal kecil yang seringkali menarik dan mengalihkan perharian dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Sehingga konsentrasi dalam bekerja akan terpecah dan menurunkan produktifitas.

Dilansir dari MyfatPocket, Rabu (5/04/2017), hal ini bisa dicegah jika Anda bisa menghentikan kebiasan-kebiasan buruk berikut ini.

1. Melihat Ponsel
Hampir semua orang setuju bahwa ponsel adalah barang yang paling penting yang harus selalu siap. Tapi tahukah Anda, sebuah getaran sederhana dari perangkat ini akan cukup memecahkan konsentrasi. Untuk itu set ponsel Anda ke dalam Airplane Mode, atau silent agar Anda dapat fokus terhadap pekerjaan.

2. Keluar dari Zona Nyaman
Zona nyaman seringkali membuat Anda menjadi malas dan kehilangan produktifitas. Sehingga pekerjaan yang seharusnya diselesaikan dengan cepat akan menjadi terbengkalai. Tetapi ada sebagian orang yang justru akan dapat berkonsentrasi di tempat-tempat yang tenang seperti perpustakaan.

3. Menunda Pekerjaan
Menunda pekerjaan adalah musuh besar dalam produktifitas. Hal ini mungkin menjadi sebuah kebiasaan dan sangat sulit untuk disingkirkan. Sebuah studi menunjukkan bahwa energi positif untuk mendapatkan produktivitas akan didapatkan pada pagi hari. Menempatkan pekerjaan di siang hari atau keesokan harinya justru akan menurunkan produktifitas dan menimbulkan sifat malas.

4. Cek Pesan Secara Konstan
Hal inilah yang menjadi kebiasaan yang penunda pekerjaan paling populer kedua. Ketika sebuah pesan masuk ke dalam ponsel Anda, Anda akan sangat tergoda untuk langsung menjawab. Akan tetapi penting untuk mengatur waktu agar pesan singkat yang masuk ke dalam ponsel tidak mengalihkan fokus Anda.

5. Melewatkan Waktu Makan
Mungkin Anda sudah diburu oleh deadline pekerjaan. Jangan sampai hal ini membuat Anda melewatkan sarapan, makan siang atau malam Anda. Karena tetap sehat dan berenergi adalah kunci untuk tetap produktif. Sebagai permulaan, melewatkan sarpan akan mengurangi dan memperlambat pekerjaan karena menurunnya tingkat konsentrasi. Jika perut Anda terisi maka akan memberikan dorongan energi.

6. Tentukan Prioritas
Sangat penting untuk merencanakan langkah-langkah sebelum memulai pekerjaan. Hal ini dilakukan agar dapat menentukan mana yang lebih prioritas sehingga pekerjaan akan menjadi produktif.

7. Mencoba menjadi sempurna
Memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Tapi kesempurnaan adalah apa yang bisa kita perjuangkan. Dengan mencoba untuk menjadi sempurna, Anda akan lebih semangat untuk bekerja menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan sesuai dengan keinginan.

*(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 6 Gaya Hidup Sehat untuk Dapatkan Berat Ideal
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mudah Berdasarkan Sains, Buat Pagi Hari Lebih Menyenangkan