Sukses

Mau Tahu Siapa Sahabat Sejati Anda? Coba Cari dengan Cara Ini

Bagi Anda yang ingin mencari siapa sahabat sejati yang sebenarnya, cara yang didapatkan dari relief Candi Sojiwan ini dapat membantu.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sahabat sejati memang keinginan semua orang, karena merekalah yang akan menemani kita tanpa pamrih. Jika Anda merasa memiliki banyak sahabat dan ingin cari tahu siapa yang benar-benar dekat, mungkin cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahuinya.

Menurut relief yang ada di Candi Sojiwan, Kebondalem Kidul, Klaten, Jawa Tengah, cara yang bisa digunakan untuk mencari sahabat sejati adalah dengan cara membuat sebuah masalah. Cerita ini terpahat dalam relief di pelataran candi, bersama dengan 22 panel cerita lainnya.

“Alkisah ada seorang pria yang ingin mengetahui siapa sahabat sejatinya diantara seorang prajurit dan seorang pedagang. Untuk mengetahuinya sang istri akhirnya membuat sebuah drama, yang menyatakan sang suami memiliki sebuah masalah dengan raja dan minta bantuan kepada dua sahabat suaminya,” ungkap Megawan Muhammad, Guide Candi Sojiwan yang ditemui langsung Liputan6.com, Sabtu (1/4/2017).

Pencarian sahabat sejati, salah satu panel cerita ada di relief Candi Sojiwan, Jawa Tengah. (Foto : Akbar Muhibar/Liputan6.com)

Ternyata ketika sang istri menemui sang pedagang, sahabat suaminya ini menyatakan ia tidak bisa membantu dan menolak untuk menolong karena harus berhubungan dengan raja. Ketika sang istri menemui sang prajurit, ternyata ia rela melindungi sahabat sejati yang memiliki masalah dengan raja.

“Setelah mengetahui fakta yang diungkapkan oleh istrinya, barulah sang pria tau bahwa sahabat sejatinya adalah sang prajurit yang siap mempertaruhkan nyawanya untuk menjaga sahabat sejatinya” ungkap Megawan.

Pencarian sahabat sejati, salah satu panel cerita ada di relief Candi Sojiwan, Jawa Tengah. (Foto : Akbar Muhibar/Liputan6.com)

Candi Sojiwan sendiri merupakan candi Buddha yang memiliki relief yang bertemakan kehidupan hewan dan manusia. Terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, Candi Sojiwan rampung direkonstruksi pada tahun 2011 dan menjadi salah satu candi yang terletak di tengah-tengah pemukiman masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini