Sukses

Tak Hanya untuk Dikonsumsi, Ini Manfaat Lain dari Buah Lemon

Selain untuk dikonsumsi atau perawatan kecantikan alami, ternyata inilah lima kegunaan lain dari buah lemon.

Liputan6.com, Jakarta Buah lemon memang memiliki beragam manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Tak hanya untuk dikonsumsi seperti dijadikan bahan minuman dan makanan atau untuk perawatan kecantikan alami saja, tapi buah yang rasanya asam ini juga dapat berguna untuk hal-hal yang lain.

Selain dapat bermanfaat untuk tubuh, ternyata buah lemon juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan membersihkan benda-benda yang ada di rumah. Apa saja ya? Simak lima kegunaan buah lemon seperti yang ditulis dalam laman Bright Side, Kamis (6/4/2017) berikut ini.

1. Sebagai pembersih alami
Coba kupas buah lemon dan campurkan dengan 150 mililiter cuka, lalu biarkan semalaman. Kemudian, tambahkan 150 mililiter air di pagi harinya. Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol spray kosong dan siap digunakan sebagai pembersih alami untuk perabotan rumah Anda.

2. Dapat membersihkan talenan kayu
Talenan kayu yang biasa dipakai untuk memotong beragam sayuran, buah atau bahkan daging dapat menyebabkan talenan menjadi cepat kotor. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan lemon. Caranya potong lemon menjadi dua, lalu gosokkan lemon ke talenan yang sudah ditaburi garam. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian ulangi sekali lagi hingga benar-benar bersih.

3. Mencerahkan pakaian warna putih
Untuk mendapatkan warna pakaian yang kembali putih dan cerah, Anda dapat menggunakan buah lemon. Caranya cukup dengan merendam pakaian putih dalam campuran jus lemon dan baking soda secukupnya selama setengah jam sebelum mencucinya.

4. Membersihkan stainless steel
Pasti jengkel, bukan melihat bak pencucian piring masih tetap kotor meskipun sudah dibersihkan berkali-kali. Atasi dengan menggunakan kulit lemon dan baking soda, stainless steel Anda akan kembali bersih dan bersinar.

5. Menghilangkan bau sepatu
Letakkan beberapa kulit lemon segar di dalam sepatu Anda selama semalaman. Kulit lemon akan membantu menyerap bau pada sepatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini