Sukses

Kedai Ini Punya 3 Variasi Sajian Pempek Unik yang Wajib Dijajal

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan pempek? Kuliner khas Palembang berbahan dasar adonan ikan yang disajikan dengan kuah cuko ini selalu berhasil membuat siapa pun yang menikmatinya akan merasa ketagihan.

Supaya para pecinta kuliner tak bosan dengan sajian pempek itu-itu saja, kini para pedagang pun berlomba-lomba untuk memberikan warna baru pada makanan satu ini. Salah satu yang paling sering melakukan inovasi terhadap kuliner pempek adalah Kedai Shultan yang berada di Palembang.

Dirangkum dari berbagai sumber oleh liputan6, Rabu (05/04/2017) berikut ini variasi sajian pempek yang bisa Anda jajal saat kulineran di Palembang.

1. Pempek Hitam

 

A post shared by Andreas Elnatan (@andreaselnatan) on

Jika pempek biasanya punya warna cokelat keemasan setelah digoreng, yang satu ini justru berwarna hitam.Tenang, warna hitam ini muncul bukan karena hangus kok. Pewarna alami berbahan dasar tinta cumi atau black charcoal dari bubuk arang yang dihasilkan dari pohon bambu.

Pewarna tersebut sama sekali tak mengubah cita rasa dari pempek ini. Rasanya tetap nikmat dan memikat. Kalau Anda sedang liburan ke Palembang dan ingin mencicipi pempek hitam ini sambangi Kedai Pempek Sulthan di Jalan‎ Pangeran ‎Ratu, Ruko no.6, Jakabaring, Kecamatan Kertapati Palembang. Untuk harganya sangatlah terjangkau. Satu pempek hitam kecil dihargai Rp 2.000 saja.

1 dari 3 halaman

2. Pempek Pelangi

Pempek Pelangi Palembang rasa buah dan sayur (Liputan6.com / Nefri Inge)

Kalau pempek yang satu ini disajikan dengan unik dan cantik. Dengan warna beragam seperti hijau, pink, dan jingga tentulah membuat kuliner satu ini terlihat semakin menggugah selera. Warna-warna tersebut berasal dari bahan-bahan alami seperti buah naga, wortel, dan caisim. Sudah tak diragukan lagi kan kandungan nutrisinya? Harga pempek ini cukup terjangkau kok. Satu pempek pelangi kecil dihargai Rp 3.000 dan seporsi pempek pelangi besar Rp 17.000.

2 dari 3 halaman

3. Pempek Beranak

Setelah muncul bakso beranak yang fenomenal, kini Anda pun bisa jumpai kuliner pempek beranak yang tentunya mengenyangkan. Pempek beranak ini memiliki beragam isi mulai dari pempek kecil, pempek pelangi, cabai, dan telur puyuh. Karena ukurannya yang besar, pempek ini bisa dinikmati oleh dua sampai tiga orang. Harga seporsinya berkisar Rp 30ribu s.d. Rp 35ribu. Nah, sajian kuliner unik satu ini bisa Anda temukan juga di Kedai Sulthan.

Sudah siap untuk liburan dan berkuliner ria menjajal variasi unik pempek di Palembang? Jangan lupa cek selalu reservasi.com untuk dapatkan tiket pesawat murah dan booking hotel secara online. Dapatkan diskon hingga Rp 1juta setiap harinya di sin!

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Cara Bersihkan Karpet Setelah Lebaran
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 5 Kesalahan Bikin Rumah Berantakan selama Lebaran