Sukses

5 Alasan Mengejutkan di Balik Rasa Lelah yang Anda Rasakan

Selalu merasa lelah yang tak kunjung usai? Berikut penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Merasa tubuh lelah dan tidak bugar tentu seringkali kita rasakan. Padahal Anda telah berusaha untuk istirahat cukup dan tidak melakukan hal-hal yang menguras banyak tenaga. Seperti yang dilansir dari instyle.com, ada lima alasan mengejutkan di balik rasa lelah yang kerap dirasakan. Apa saja?

1. Dehidrasi
Sebuah penelitian di tahun 2012 yang dilakukan oleh The Journal of Nutrition, hampir sebagian besar wanita tidak memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menyebabkan menurunnya energi dan mood yang kerap berubah, sehingga menimbulkan rasa lelah.

2. Tidak olahraga
Jika Anda senantiasa merasa lelah, coba ingat-ingat kembali kapan terakhir melakukan olahraga. Olahraga ringan dapat membantu membangkitkan energi dalam tubuh Anda sehingga tubuh akan merasa fit. Coba lakukan jalan ringan atau sekedar jogging di pagi hari untuk menyegarkan tubuh Anda.

3. Terlalu banyak olahraga
Saat berolahraga, cobalah untuk melakukannya sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksakan tubuh untuk bekerja terlampau keras, sehingga menyebabkan lelah yang berkepanjangan.

4. Diet tidak seimbang
Diet tidak seimbang berdampak pada tingkat energi dalam tubuh. Jadi saat menjalani program diet, coba konsultasikan dengan ahli gizi terlebih dahulu untuk mengetahui menu seimbang bagi tubuh Anda.

5. Stres
Hormon stres akan mencapai kadar tertingginya di malam hari dan terendah di malam hari. Itulah yang menyebabkan rasa lelah berkepanjangan saat Anda sedang dilanda stres. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa latihan pernafasan atau kegiatan-kegiatan yang mampu menenangkan jiwa serta pikiran Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini