Sukses

Ingin Memiliki Banyak Teman? Ikuti 11 Tips Kepribadian Ini

Ikuti 11 tips untuk membentuk kepribadian Anda dalam bersosialisasi sehari-hari agar Anda memiliki banyak teman.

Liputan6.com, Jakarta Beradaptasi dalam sebuah lingkungan baru memang tidak mudah. Menjadi seseorang dengan karakter dan kepribadian yang unik agar mudah diingat dan disukai oleh orang-orang yang baru ditemui membutuhkan usaha ekstra.

Tetapi tahukah Anda, dilansir dari Independent, Minggu (2/04/2017), ternyata ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar menarik dan disenangi oleh orang lain dilingkungan Anda.

1. Meniru Lawan Bicara
Strategi ini disebut mirroring, yaitu melibatkan diri untuk meniru perilaku lawan bicara atau orang sekitar. Ketika berbicara dengan seseorang, Anda bisa meniru bahasa tubuh mereka dan ekspresi wajah.

2. Luangkan Lebih Banyak Waktu
Orang-orang akan cenderung menyukai orang lain yang akrab dengan mereka. Bahkan para psikolog dari University of Pittsburgh melakukan penelitian dengan kesimpulan bahwa seseorang akan lebih mudah mengingat orang lain yang sering dilihat walaupun mereka tidak pernah saling berinteraksi sama sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sikap positif

Sifat spontan transferensi sangat baik untuk diterapkan. Karena orang-orang akan cenderung menggambarkan sikap dan kepribadian Anda sebagaimana sikap Anda terhadap orang lain. Jika bersikap ramah, murah senyum dan baik terhadap orang lain, maka orang-orang akan menganggap Anda adalah orang yang ramah dan murah senyum.

4. Hangat dan Kompeten
Psikolog Princeton University mengungkapkan bahwa orang-orang seringkali menilai orang lain dari kehangatan dan kompetensi mereka.

Jika bersikap hangat, maka akan ditafsirkan bahwa Anda adalah orang yang ramah dan mereka akan merasa seperti mempercayai Anda. Jika terlihat kompeten, maka status ekonomi dan pendidikan yang menjadi sebuah standar dan cenderung akan menghormati Anda.

5. Kesamaan Gagasan dan Hobi
Pasti Anda sering merasakan dalam kehidupan sehari-hari ketika bertemu dengan seseorang di taman atau transportasi umum, kemudian terlibat percakapan dengan mereka dan percakapan tersebut semakin intens ketika topik yang dibahas sama-sama topik yang disukai. Memang benar orang-orang akan menyukai orang lain yang memiliki ide, gagasan dan hobi yang sama.

6. Menyentuh dengan lembut
Ternyata efek sentuhan lembut, ringan yang hampir tidak terlihat memiliki pengaruh yang besar dalam ingatan seseorang. Sentuhan hangat pada lengan ataupun pergelangan tangan membuat orang lain akan merasa dekat dengan Anda.

3 dari 3 halaman

7. Senyum

Sebuah studi menyebutkan bahwa apabila seseorang tersenyum dengan hangat terhadap orang lain yang baru ditemui, maka persentasi orang tersebut akan ingat terhadap dirinya sangat besar dibandingkan dengan yang tidak.

8. Obrolan Personal
Ketika Anda berbagi informasi intim dengan orang lain, mereka lebih cenderung untuk merasa lebih dekat dengan Anda dan bahkan ingin menceritakan hal yang sama mengenai masalah pribadinya kepada Anda dikemudian hari

9. Tunjukkan Bahwa Anda Bisa Menjaga Rahasia
Setiap orang pasti menginginkan teman ideal yang memiliki sikap bisa dipercaya. Kepercayaan terdiri dari beberapa komponen termasuk didalamnya kejujuran, keteguhan dan loyalitas.

10. Memiliki Selera Humor yang Baik
Memiliki teman, pasangan ataupun karyawan yang mempunyai selera humor yang bagus adalah keinginan hampir setiap orang.

Para peneliti di Universitas DePaul dan Illinois State University menemukan bahwa menggunakan humor ketika Anda pertama kali mengenal seseorang dapat membuat orang tersebut lebih menghargai dan senang dengan Anda.

11. Biarkan Mereka Berbicara Mengenai Diri Mereka
Beberapa tipe kepribadian mungkin senang menjadi pendengar yang baik, tetapi bagi tipe yang lain mereka lebih senang ketika mereka juga ikut didengarkan. Membiarkan orang lain berbagi cerita kepada Anda, akan memberikan lebih banyak respon positif terhadap diri Anda.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.