Sukses

Tips Melibatkan Calon Ibu Mertua dalam Persiapan Pernikahan

Untuk Anda yang akan melibatkan calon ibu mertua dalam proses persiapan pernikahan yuk kita simak tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak peduli apakah Anda tipe orang yang sangat suka merencanakan pesta atau tipe yang cepat panik ketika dihadapkan membuat keputusan sekalipun, saat merencanakan pernikahan pasti Anda membutuhkan tim yang bersedia memberikan nasihat dan bantuan yang membuat proses ini menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bebas dari stres.

Kuncinya, Anda hanya perlu tahu bagaimana cara mendelegasikannya dengan baik. Jangan terlalu fokus pada ibu Anda dan bridesmaids saja ketika meminta bantuan, karena situasi tersebut akan membuat calon ibu mertua merasa sedikit “dilupakan”.

Solusinya? Berikan kesempatan beliau untuk ikut membantu juga. Agar berjalan lancar, coba intip beberapa kiat yang bisa dicoba:

Berikan beliau tugas yang spesifik

Gambaran situasinya adalah calon ibu mertua akan mengirimkan SMS, menelepon, datang ke rumah dan menanyakan apakah ada hal yang bisa beliau bantu yang berkaitan dengan pernikahan.

Ketimbang mengambil tugas yang ingin Anda kerjakan, lebih baik berikan beliau daftar tugas yang sesuai dengan kemampuan dan kegemarannya. Dengan cara ini, calon ibu mertua tidak akan secara tidak sengaja (atau sengaja) mengganggu tugas Anda.

Minta calon mertua pergi bersama Anda

Berencana memilih menu makanan atau mencoba gaun pengantin? Telepon calon ibu mertua dan undang beliau untuk ikut serta bersama Anda. Mengikut sertakan beliau dalam hal-hal kecil seperti ini akan memberikan kesan mendalam baginya.

Berikan beliau tanggung jawab

Jika camer Anda tipe orang yang dominan, cara terbaik untuk mengatasinya adalah menempatkan beliau untuk hal-hal yang Anda tidak bisa putuskan. Misal, Anda tidak bisa menentukan fotografer mana yang akan dipakai di antara tiga pilihan, berikan beliau wewenang untuk memilihnya. Memberikan kekuasan pada calon mertua akan membuatnya merasa dibutuhkan dan dilibatkan.

Beritahu beliau hal-hal yang tidak bisa dinegosiasi

Ada calon ibu mertua yang hobi merencanakan sesuatu dan mengambil keputusan tanpa Anda. Oleh karena itu, jika ada hal-hal penting yang ingin Anda kendalikan sendiri, maka beritahu beliau apa saja hal-hal itu. Sehingga beliau bisa lebih waspada dan tidak mengambil alih “kekuasaan” dari Anda.

Manfaatkan “pernak-pernik” pernikahan beliau

Salah satu hal baik yang bisa dilakukan calon menantu adalah memasukkan detail, barang, atau tradisi dari pernikahan camer ke dalam pernikahan Anda. Misal, menggunakan bingkai foto dari pernikahan beliau, memilih menu makanan yang sama seperti di pernikahan beliau dulu, atau mengenakan gaun pernikahan miliknya.

Biarkan beliau memilih gaunnya sendiri

Mungkin Anda boleh menentukan apa yang harus dikenakan oleh bridesmaids, tapi untuk ibu suami biarkan beliau memilih warna, model, dan bahan yang disukai. Sebab tidak ada yang lebih baik dari membiarkan calon mertua mengenakan gaun untuk pesta pernikahan Anda yang beliau suka dan nyaman saat dikenakan.

Bridestory.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.