Sukses

Cara Cerdas Melatih Ingatan 90% dari yang Anda Pelajari

Sering mudah melupakan hal-hal sederhana? Simak di sini beberapa cara cerdas untuk melatih ingatan Anda, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Disadari atau tidak, Anda pasti pernah merasa sulit melatih ingatan, bahkan melupakan hal-hal kecil, seperti nama seseorang, walaupun baru saja berkenalan. Kehilangan memori terhadap hal-hal sederhana sebenarnya adalah efek samping dari kehidupan modern yang sibuk dan stres.

Dilansir dari mydomaine.com, Jumat (31/3/2017), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menyatakan bahwa stres dan rasa cemas akan membuat seseorang lebih sulit berkosentrasi dan mengunci informasi baru. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih ingatan lebih banyak hal dari yang Anda pelajari.

1. Memberikan perhatian
Sepanjang hari Anda mendapatkan banyak informasi, sehingga ketika ada orang lain yang berbicara, Anda tidak lagi bisa fokus terhadap hal tersebut. Kuncinya adalah hadir di saat itu dan memberikan perhatian, maka Anda akan menyimpan informasi lebih banyak dari yang bisa dibayangkan.

Cobalah menutup semua pikiran lain dan mengasah fokus terhadap satu orang dan topik di satu waktu. Cara ini membantu otak Anda untuk menjaga informasi yang didapatkan dalam jangka panjang.

2. Terapkan metode mengingat visual
Tahukah Anda bahwa memori jangka panjang hanya bisa menyimpan paling banyak tujuh hal? Teknik terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengingat suatu hal adalah dengan visual.

Semakin bodoh, aneh, atau lucu, Anda akan membuat gambaran atau visualisasi yang semakin baik, sehingga memori juga bisa mendokumentasikannya dengan lebih baik untuk melatih ingatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan emosional

3. Buat hubungan emosional
Nostalgia adalah emosi yang kuat. Pernah merasa bahwa suatu bau tertentu bisa membawa Anda kembali pada satu memori tertentu di masa lalu?

Penelitian terbaru menyatakan bahwa membangun hubungan emosional dapat membantu Anda untuk mengingat hal-hal baru. Jika Anda ingin mengingat sesuatu yang baru, cobalah untuk menghubungkannya dengan memori di masa lalu, sehingga emosional akan membantu Anda mengingatnya dengan lebih mudah.

4. Dibaca keras-keras
Apakah Anda pernah merasa pikiran hanyut begitu saja ketika sedang membaca sebuah teks yang panjang? Jika Anda ingin mencoba mengingat suatu hal, cobalah membacanya keras-keras untuk diri sendiri.

Cara ini akan membantu otak membedakan informasi yang dibaca secara keras dan diam saja. Carilah waktu dan tempat yang tepat untuk melakukannya.

3 dari 3 halaman

Membaca buku

5. Membaca buku
Saat ini tidak ada orang yang bisa dijauhkan dari teknologi, bahkan dalam urusan membaca. Namun, menurut beberapa penelitian, layar gadget justru dapat merusak retensi.

Sedangkan melalui penelitian lainnya, banyak siswa bisa mengingat kronologi sebuah cerita ketika mereka membacanya dari kertas, daripada meraka yang membaca melalui gadget.

6. Makan sehat dan sering olahraga
Ternyata makan dan olahraga secara rutin dapat menentukan berapa banyak memori yang bisa Anda simpan. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini