Sukses

Mentah Atau Dimasak? Ini Cara Dapat Nutrisi dari Bahan Makanan

Ternyata, tidak semua makanan harus dimakan mentah, berikut ini adalah daftar bahan makanan yang bisa dimakan mentah dan harus dimasak dulu.

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak orang percaya bahwa makanan terbaik adalah makanan alami, segar, dan belum melalui proses apapun. Mungkin Anda juga sering mengonsumsi buah dan sayur mentah.

Namun, tahukah Anda bahwa berdasarkan penelitian, beberapa makanan yang dimasak justru dapat menghasilkan nutrisi yang lebih banyak? Ya, proses seperti merebus, mengukus, atau dipanaskan dalam microwave bisa membuka nutrisi yang lebih banyak dari beberapa bahan makanan.

Dilansir dari mydomaine.com, Jumat (31/3/2017), sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan bahwa proses memasak dapat memecah dinding sel tebal yang terdapat di dalam makanan dan melepaskan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang bisa dimasak atau hanya perlu dimakan mentah untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

Dimakan mentah

1. Brokoli
Hindari berbagai proses memasak dari bahan makanan yang satu ini. Ketika brokoli dipanaskan, enzim di dalamnya akan rusak, potensi senyawa anti kankernya pun akan berkurang.

Jika Anda ingin memasaknya, gunakan microwave, karena kompor dapat menghancurkan antioksidan di dalamnya.

2. Bawang
Memasak bawang dapat menghapus kealamian di dalamnya, karena bawang juga mengandung antioksidan yang bisa melawan kanker.

3. Lada
Memasak lada dengan suhu di atas 375 derajat Fahrenheit dapat mengurangi kandungan vitamin C di dalamnya hingga 150%. Lada dengan kandungan nutrisi terbaik dapat Anda nikmati saat disajikan dalam keadaan beku.

4. Selada air
Sama halnya dengan brokoli, enzim di dalam selada air akan mudah rusak apabila terkena panas. Makan selada air mentah-mentah dan Anda akan mendapatkan dosis vitamin C, kalsium, dan magnesium yang sehat untuk tubuh.

5. Bawang putih
Memasak bawang putih dapat menghilangkan allicin di dalamnya, senyawa yang berfungsi melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Sehingga cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dari makanan ini adalah dengan mengonsumsinya secara mentah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimasak terlebih dahulu

1. Wortel
Hindari memotong wortel dalam bentuk dadu sebelum dimasak. Menurut penelitian, memasak wortel secara keseluruhan dalam air mendidih dapat meningkatkan sifat anti kanker hingga 25% dan kadar karotenoid.

2. Tomat
Memasak tomat dapat memecah dinding sel, melepaskan nutrisi seperti lycopene, yang bisa melindungi tubuh dari kanker prostat dan penyakit jantung.

3. Kubis
Kubis mengandung lebih banyak antioksidan ketika dimasak, daripada dimakan mentah. Menurut sebuah jurnal penelitian, memasukan bahan makanan ke dalam air yang mendidih dan mengepul adalah cara terbaik untuk mengeluarkan semua nutrisi di dalam sayuran.

4. Asparagus
Asparagus dapat mempertahankan lebih banyak antioksidan untuk melawan kanker saat dimasak. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa memasak makanan di microwave jauh lebih baik untuk menjaga nutrisi di dalam bahan makanan.

5. Jamur
Sayuran ini memiliki dinding sel yang tebal, sehingga proses memasak dapat membuka lebih banyak nutrisi dari dinding-dinding sel yang rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.