Sukses

6 Cara Mudah Atur Keuangan Bagi Pasangan Menikah

Liputan6.com, Jakarta Melepas masa lajang dan memasuki dunia rumah tangga artinya segala sesuatunya berubah. Keuangan Anda pun akan mengalami perubahan. Anda akan lebih banyak pengeluaran dari sebelumnya, dan akan ada lebih banyak tanggungan dari sebelumnya. Dilansir dari laman magforwomen.com, (13/4/2017), berikut 6 cara mudah mengatur keuangan bagi pasangan yang baru saja menikah.

1. Tetapkan target Anda dan pasangan Anda
Target atau tujuan bersama sangatlah penting dalam pernikahan, termasuk target mengenai finansial atau keuangan. Anda dapat menetapkan impian bersama dan apa saja yang ingin Anda raih atau capai dalam tahun tersebut. Hal ini akan membuat Anda berdua memiliki cara mengatur keuangan yang lebih rapi.

2. Buat catatan keuangan
Catatan keungan membuat Anda lebih rapi dan disiplin dalam menggunakan anggaran. Catatan keuangan menjaga Anda untuk tidak besar pasak daripada tiang, terutama pada awal-awal pernikahan Anda.

3. Periksa setiap rekening yang Anda berdua miliki secara rutin
Anda harus rutin memeriksa setiap rekening yang Anda miliki dengan jeli. Pastikan Anda tidak melakukan pengeluaran yang tidak Anda sadari.

4. Hindari hutang
Hindari hutang dan penggunaan kartu kredit. Hal-hal ini akan membuat Anda menggunakan penghasilan masa depan Anda dan akan membuat Anda kerepotan di kemudian hari.

5. Investasikan sejumlah yang diperlukan tanpa mengurangi tabungan
Investasi diperlukan bagi sebuah rumah tangga atau keluarga baru. Anda berdua dapat menginvestasikan dana di luar tabungan dan pengeluaran Anda. Anda dapat berbisnis atau membeli properti yang bernilai laba. Ini penting untuk keuangan jangka panjang Anda.

6. Siapkan dana darurat
Anda harus selalu siap sedia untuk dana darurat, termasuk perencanaan masa depan Anda berdua dan anak-anak Anda. Dana darurat harus selalu ada dan Anda sisihkan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup keuangan keluarga Anda. 

 

(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Sebelum Investasi, Perhatikan 3 Hal Ini Dulu
Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Berhemat untuk Pengantin Baru