Sukses

5 Pertunjukan Seni di Jogja yang Bikin Liburan Jadi Istimewa

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana cara Anda menikmati setiap sudut Kota Yogyakarta? Apakah dengan mengunjungi keraton, menyusuri Malioboro, menaiki delman, berbelanja batik, menyantap makan malam di warung angkringan, atau yang lainnya?

Anda mungkin melupakan satu hal yang esensial dari Yogyakarta. Ya, kesenian dan budaya Jawa yang sangat kental. Bukan Yogyakarta namanya jika tidak ada atmosfer kesenian dan budaya yang melingkupinya.

Jika Anda hendak berlibur lagi ke Yogyakarta, cobalah untuk menjajal pengalaman baru dengan menikmati pertunjukan-pertunjukan seni berikut ini. Dijamin membuat liburan Anda semakin istimewa!

1. Sendratari Ramayana Prambanan

Mengunjungi Candi Prambanan saja sudah biasa. Menonton epos Mahabrata langsung di depan Candi Prambanan baru luar biasa. Datanglah ke situs bersejarah itu pada hari Selasa, Kamis, atau Sabtu. Pertunjukan Sendratari Ramayana rutin digelar untuk memukau setiap pasang mata.

Tari dan drama melakonkan perjuangan Rama menyelamatkan Sinta yang diculik oleh Rahwana. Terbagi menjadi empat episode yang masing-masing berdurasi selama dua jam. Diiringi pula oleh efek-efek yang menghidupkan suasana, seperti kobaran api yang menyala di hadapan candi.

Hanya dengan membeli tiket seharga Rp125.000,00, Anda sudah bisa menyaksikan pertunjukan kolosal bertaraf internasional itu.

2. Borobudur Nite Festival

Nyalakan mimpi-mimpi Anda dengan melepas lampion di langit Borobudur. Pelepasan lampion dilakukan di Borobudur Nite Festival. Festival tersebut biasanya digelar pada malam tahun baru.

Borobudur Nite Festival dimeriahkan oleh musikus-musikus Indonesia. Sebelumnya, penonton juga akan disuguhi kesenian tradisional. Masyarakat dari sekitar candi yang mementaskannya untuk mengangkat potensi desa. Adapun harga tiketnya hanya Rp150.000,00.

3. Pagelaran Wayang Kulit

Pagelaran wayang sering kali dianggap ketinggalan zaman. Orang yang menontonnya bisa dicap kuno. Padahal, masyarakat Indonesia seharusnya bangga dengan warisan budaya itu. Orang asing saja menyukainya. Kesenian tersebut bahkan telah mendapat pengakuan dari UNESCO.

Anda bisa menyaksikan pagelaran wayang kulit di Museum Sonobudoyo. Tidak seperti pertunjukan wayang pada umumnya yang semalam suntuk, Museum Sonobudoyo hanya memberikan durasi selama dua jam. Cukup membeli tiket seharga Rp20.000,00, Anda sudah bisa menyaksikannya bersama wisatawan mancanegara. Nikmati epik Mahabrata dalam gerakan bayang-bayang wayang dari balik layar putih.

4. Pagelaran Ketoprak

Mungkin, dulu Anda pernah menonton pertunjukan ketoprak di layar televisi. Bagaimana jika Anda menyaksikannya secara langsung selagi berlibur di kota gudeg? RRI Yogyakarta mengadakannya secara rutin setiap bulan. Bahkan, pertunjukan itu juga disiarkan melalui saluran radio.

Pagelaran Ketoprak Mataram menceritakan kehidupan masyarakat di zaman Kerajaan Mataram. Serasa membawa Anda ke masa berabad-abad silam. Isinya serius, tapi dikemas dalam dialog jenaka yang memicu gemuruh tawa penonton.

5. Jazz Mben Senen

Pertunjukan yang satu ini memang bukan kesenian khas Nusantara, tetapi sayang untuk dilewatkan. Komunitas Musik Jazz Jogja senantiasa menghibur para pendengarnya setiap hari Senin di Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 20.00 WIB sampai selesai.

Bukan hanya bisa menikmati alunan musik dari musisi lokal, musisi nasional pun sesekali hadir mengisi acara. Bahkan, musisi dari luar negeri seperti Jepang dan Australia juga pernah menyemarakkan Jazz Mben Senen. Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali alias gratis untuk menikmatinya.

Sebelum berlibur ke kota gudeg ini, pastikan Anda sudah mereservasi penginapan. Jangan hanya memilih penginapan yang murah. Pilih juga yang nyaman dan lengkap fasilitasnya. Memangnya ada? Ada. Airy Rooms buktinya.

Coba saja akses webnya, atau melalui Android Apps atau iOS Apps. Anda akan menemukan beragam hotel murah di Jogja. Mau memesan kamar yang harganya di bawah Rp200.000,00 sekali pun, fasilitas setiap kamarnya tetap lengkap. Mulai dari AC, televisi layar datar, pancuran air hangat, sampai wifi gratis.

Sepulang dari pertunjukan seni, Anda pun tinggal merebahkan diri saja di ranjang hotel yang empuk.


Sepulang dari pertunjukan seni, Anda pun tinggal merebahkan diri saja di ranjang hotel yang empuk. Selamat liburan di Jogja ya.





(Adv/NIT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini