Sukses

Cara Mengatur Gaji untuk Ongkos Transportasi Harian ke Kantor

Liputan6.com, Jakarta Sering menggunakan mobil pribadi karena lokasi kantor yang sulit dijangkau? Namun beragam kekhawatiran hadir bila gaji akan terkuras karena harus membeli bensin setiap hari.

Mungkin naik kendaraan umum atau motor bisa jadi solusi. Tapi kalau lokasi kantor Anda tidak strategis, dan harus menempuh jalan tol ujung-ujungnya membawa kendaraan pribadi sendiri adalah solusi yang terakhir.

Beberapa tips hemat pengeluaran ongkos transport dari DuitPintar.com berikut ini bisa Anda intip:

Jadwalkan perjalanan Anda selama sepekan
Pada hari Minggu, ada baiknya Anda susun jadwal untuk bepergian pada pekan depan. Senin sampai Jumat mungkin Anda pergi ke kantor. Bila ada rencana meeting di luar kantor yang aksesnya sulit dijangkau dengan kendaraan umum, jadwalkan juga.

Ini berlaku pula untuk weekend. Catat saja ke mana Anda akan pergi saat akhir pekan. Buat semuanya terjadwal dan terorganisir dengan baik sehingga Anda tahu, dalam sepekan berapa pengeluaran bensin untuk mobil yang harus dikeluarkan.

Isi bensin sesuai dengan rencana perjalanan
Setelah jadwal perjalanan Anda dalam sepekan tercatat dengan baik, isi bensin Anda di hari Senin pagi sesuai kebutuhan. Catat baik-baik, tidak perlu isi penuh jika memang tidak dibutuhkan.

Misalkan dalam sepekan Anda hanya akan menempuh perjalanan 185 km dan itu cukup dengan 12 liter bahan bakar, buat apa diisi penuh? Isi seperlunya saja.
Ini berguna supaya Anda lebih disiplin dalam menggunakan kendaraan. Ikuti jadwal perjalanan yang sudah dibuat dan isi bensin sesuai dengan kebutuhan itu.

Dengan demikian, ketika Anda diajak nongkrong di luar kantor yang tidak ada dalam agenda sepekan, Anda bisa pakai angkutan umum saja. Bensin pun menjadi lebih irit.

Berangkat pagi
Usahakan untuk berangkat lebih pagi guna menghindari kemacetan. Kalau memang jalanan masih sepi dan tidak perlu lewat tol, Anda bisa lebih hemat. Memacu mobil dalam keadaan konstan 60 km per jam jauh lebih irit. Mungkin tantangannya ya harus bangun pagi. Tapi tidak apa-apa, bangun pagi justru bisa membuat Anda makin sehat.

Gunakan kartu kredit ketika beli bahan kabar
Manfaatkan promo yang ada pada kartu kredit. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kartu kredit yang menawarkan fitur cashback untuk tiap pembelian bahan bakar. Dengan begitu, Anda bisa mendapat keuntungan dengan nominal tertentu setiap transaksi di stasiun pengisian bahan bakar.

Jangan lupa pantau situasi kemacetan pada jam pulang kantor lewat aplikasi. Kalau rute di peta masih berwarna merah, tunda keinginanmu untuk pulang kantor. Tidak ada salahnya pulang agak malam demi jalanan yang lancar. Karena kalau macet-macetan di jalan, konsumsi bahan bakar akan semakin besar.

Ada rencana meeting di luar kantor? Hindari membawa mobil,
manfaatkan jasa ojek online atau angkutan umum jika Anda berencana untuk menjumpai klien di siang hari dan harus kembali lagi ke kantor. 

Jika Anda bolak-balik bawa mobil pribadi, bisa rugi bensin dan belum lagi harus bayar parkir. Dengan begitu, otomatis pengeluargan ongkos transport dari gaji Anda pun akan terkontrol dengan baik.

Artikel Selanjutnya
Mau Menikmati Pesona Wisata Indonesia? Kapal Pesiar Jawabannya
Artikel Selanjutnya
Inilah Yang Dimaksud Dengan Single Destination, Multi Management