Sukses

Kerap Menunda Kewajiban Hingga Pekerjaan Sehari-Hari? Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Ketika bekerja di kantor, pasti banyak gangguan atau distraksi yang kita rasakan. Mulai dari suasana kerja yang tidak kondusif, bos yang terlalu banyak menuntut, sampai hambatan dari diri sendiri berupa rasa malas mengerjakan pekerjaan yang ada.

Khusus untuk yang terakhir, biasanya berujung kepada kebiasaan menunda pekerjaan. Kalau sudah begini, bukan hanya pekerjaan menjadi lambat terselesaikan, tapi promosi jabatan pun akan semakin sulit diraih.

Ya, menunda atau meremehkan pekerjaan bisa menghambat kesuksesan Anda. Supaya tidak terus melakukan kebiasaan yang satu ini, simak tips dari DuitPintar.com berikut ini.

1. Komitmen
Coba renungkan lagi sebenarnya tujuan Anda bekerja. Tegaskan dalam hati bahwa bekerja itu bukan main-main. Anda dibayar untuk melakukan pekerjaan ini, jadi harus profesional. Terapkan kesadaran diri dan komitmen yang kuat.

2. Buat daftar prioritas kerjaan
Agar disiplin, jangan malas membuat daftar atau catatan yang rapi. Isinya tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu alias menjadi prioritas utama, dan mana yang bisa belakangan. Pisahkan juga mana yang paling mudah hingga paling rumit.

Kalau tidak dicatat, mungkin Anda akan lupa dan salah prioritas, apalagi kalau memang kerjaan sedang menumpuk. Jangan stres duluan atau merasa tidak sanggup. Catatan seperti ini dibuat agar Anda disiplin dan tahu apa yang jadi prioritas.

3. Tetapkan target dan tujuan
Manusia hidup harus punya target dan tujuan. Tentu tidak bisa dijalankan ibarat air mengalir. Misalnya mau menikah 5 tahun lagi, punya mobil, rumah dan lainnya. Bagaimana bisa terwujud kalau tidak direncanakan?

Saat punya target dan tujuan keuangan di masa depan, kita seharusnya bisa menjadikan tujuan tersebut sebagai motivasi dan pemicu semangat sehingga kita makin produktif dan bekerja lebih efektif.

4. Meneladani Seseorang
Terkadang kita butuh pendorong semangat. Anda bisa melihat sosok sukses yang bisa membuat Anda terpacu. 

Saat ada seseorang yang Anda lihat berhasil dalam karier atau bisnis, Anda bisa petik pelajaran darinya. Tiru nilai-nilai positif yang membuat sosok tersebut bisa sukses.

Mau sukses juga seperti rekan-rekan kerja Anda yang lain? Mulai dengan menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas dan taat deadline.

5. Time management
Bekerja dan istirahat harus seimbang. Jangan terlalu ngoyo tapi juga jangan terlalu santai. Anda harus bisa menyeimbangkan antara waktu untuk bekerja dengan bersantai.

Atur waktu sebaik mungkin. Ketika jam kerja, jangan menunda dan meremehkan pekerjaan, lalu malah asyik main games atau media sosial. Optimalkan semua fokus dan konsentrasi pada jam kerja dengan bijak, lalu pulang dan istirahat. Jangan terlalu sering pergi bersenang-senang saat hari kerja, apalagi sampai larut malam.

Kalau badan sehat dan segar, bekerja pastinya jadi lebih fokus dan tepat waktu.

6. Jangan takut salah
Saat hasil pekerjaan harus direvisi atau kurang memuaskan di mata atasan, jangan merasa kecewa berlebihan. Apalagi kalau dampaknya sampai membuat Anda menyesali diri dan kerjaan malah jadi menumpuk.

Dunia kerja memang penuh dengan tantangan. Siap tidak siap, suka tidak suka, kita akan berhadapan dengan hal-hal yang seringkali membuat tidak nyaman. Tapi jangan lantas ini membuat Anda patah arang dan gampang menyerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini