Sukses

Berhenti Percaya pada 10 Mitos Payudara Ini

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang payudara, Anda pasti pernah mendengar dan membaca berbagai mitos seputarnya. Seperti bagaimana cara membesarkan dan mengecilkan payudara.

Namun, benarkah semua hal yang pernah Anda dengar dan baca tersebut? Dilansir dari citifmonline.com, Jumat (24/3/2017), berikut ini adalah beberapa mitos tentang payudara yang harus berhenti Anda percaya. Apa saja?

1. Menyusui membuat payudara mengendur
Banyak wanita percaya bahwa menyusui dapat membuat payudara mereka mengendur. Faktanya, tidak hanya menyusui, keadaan hamil juga dapat membuat payudara menjadi kendur.

2. Memakai bra saat tidur dapat membuat payudara kencang
Mitos yang satu ini sangat populer, dimana banyak orang menganggap bahwa dengan memakai bra saat tidur dapat mencegah payudara mengendur. Faktanya, memakai bra justru mengurangi kenyamanan saat tidur dan tidak memberikan efek apapun pada payudara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sport bra

3. Wanita berpayudara kecil tidak perlu memakai sport bra
Payudara memerlukan penunjang dalam ukuran apapun selama Anda melakukan olahraga. Jika Anda tidak mengenakan bra selama olahraga, seperti lari justru akan merusak ligamen yang akan membuat payudara menjadi kendur.

4. Kedua payudara harus memiliki ukuran yang sama
Faktanya, kebanyakan orang tidak memiliki payudara yang simetris. Perbedaan kedua payudara memang tidak terlihat dengan jelas dan biasanya payudara kiri memiliki ukuran yang lebih besar.

3 dari 5 halaman

Ukuran bra

5. Anda akan memakai bra dengan ukuran yang sama seumur hidup
Anda disarankan mengukur payudara setiap enam bulan atau satu tahun sekali, karena payudara dapat berubah beberapa kali dalam sebulan. Tidak perlu membeli bra baru setiap dua minggu sekali, setiap wanita biasanya akan memerlukan enam ukuran bra berbeda selama hidupnya.

6. Kanker payudara adalah penyakit turunan
Masih banyak orang percaya bahwa penyakit kanker payudara disebabkan turun temurun, namun menurut penelitian, hal ini tidak benar. Sekitar 70 sampai 80% wanita yang terkena kanker payudara justru tidak memiliki riwayat penyakit ini di dalam keluarganya.

4 dari 5 halaman

Payudara berhenti tumbuh

7. Payudara akan berhenti tumbuh saat remaja
Ada beberapa mitos tentang kapan payudara berhenti tumbuh. Ada orang mengatakan bahwa saat menstruasi pertama, payudara akan berhenti tumbuh, atau ketika Anda berhenti tumbuh tinggi, payudara juga akan berhenti tumbuh. Faktanya, payudara akan terus tumbuh saat Anda menginjak usia 20 tahunan.

8. Makan banyak membuat payudara lebih besar
Hal ini hanya berlaku bagi beberapa orang yang ketika berat badannya meningkat, ukuran payudara juga akan terus membesar. Namun, biasanya hal dikarenakan mereka memang ingin membesarkan bagian tubuh tertentu, seperti pinggul dan pinggang.

5 dari 5 halaman

Kanker payudara

9. Mengenakan bra terus menerus dapat menyebabkan kanker payudara
Faktanya, sama sekali tidak ada hubungan antara mengenakan bra dengan kanker payudara. Tidak ada bukti ilmiah yang bisa membuktikan hal tersebut, bahkan beberapa organisasi penelitian membantah hal tersebut.

10. Kaum pria lebih menyukai payudara yang besar
Sama halnya dengan warna rambut atau bentuk mata, penampilan umum seseorang memiliki preferensi yang berbeda di mata orang lain. Tidak ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan bahwa pria lebih menyukai wanita dengan payudara yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini