Sukses

4 Cara Ketahui Tabir Surya Masih Layak Pakai atau Tidak

Liputan6.com, Jakarta Saat cuaca panas tentunya Anda akan selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang membahayakan. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang lebih sering dihabiskan di luar ruangan selama seharian. Serupa dengan produk skincare pada umumnya, tabir surya juga memiliki batas waktu apakah masih layak dipakai atau tidak. 

Dilansir dari Cosmopolitan, Minggu (18/6/2017), ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah tabir surya tersebut masih layak digunakan atau malah harus dibuang. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Periksa tanggal kedaluwarsa
Secara umum, tabir surya mulai kehilangan keampuhannya setelah tiga tahun, bahkan jika kemasan sudah pernah dibuka. Itu sebabnya banyak tanggal kedaluwarsa yang biasanya tertera di bagian bawah wadah atau kotak.

"Kebanyakan formula memiliki bahan pengawet, jadi mungkin akan tetap memiliki kondisi yang baik setelah tanggal tersebut, tapi sayangnya tabir surya tidak kuat tahan lama," kata dokter kulit Ellen Marmur, MD. Ketika Anda ragu, buanglah produk tersebut, terutama untuk Anda yang mempunyai kulit putih.

2. Jangan sampai wadah terbuka
Jika Anda menggunakan tabir surya pada musim panas sebelumnya dan itu hanya sekali, lalu produk tersebut belum berakhir masa kedaluwarsanya, itu artinya masih aman digunakan. Tapi Anda pun tetap harus tahu cara penyimpanannya. Apakah di simpan dalam wadah terbuka dengan suhu panas selama sebulan? Jika demikian, segera buang.

Suhu panas akan mempengaruhi kualitas tabir surya serta dapat menurunkan bahan yang terkandung di dalam produk tersebut. "jika berwarna kekuningan atau sedikit berair, produk tersebut tidak akan bekerja secara efektif," kata Joshua Zeichner, MD.

3. Harus Terjaga Penyimpanannya
Simpanlah botol tabir surya di tempat sejuk dan gelap. "tempatkan botol tabir surya dalam kantong kecil atau tas makeup Anda dan simpan di dalam tas atau bahkan di dalam lemari," kata Dr. Marmur.

4. Gunakan secara rutin
Untuk melindungi wajah serta kulit tetap terjaga kelembapannya, kenakan tabir surya sebelum beraktivitas meskipun di saat hari yang berawan. 

Ine Yulita Sari

Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit