Sukses

4 Bahan dalam Produk Makeup Ini Justru Menyebabkan Jerawat

Ternyata, ada beberapa bahan dalam produk makeup yang justru dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, penasaran apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda merasa telah melalukan perawatan wajah secara rutin, melakukan eksfoliasi, tidak menyentuh wajah menggunakan tangan, dan selalu membersihkan wajah setiap malam, namun ada saja jerawat yang muncul? Jika iya, ini bisa berarti pori-pori wajah Anda tersumbat oleh kotoran atau produk makeup yang Anda gunakan.

Istilah yang populer digunakan dalam produk makeup adalah bebas minyak atau oil free. Sedangkan produk ini biasanya mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori, seperti dilansir dari popsugar.com, Selasa (28/3/2017).

Ingin tahu bahan-bahan apa saja di dalam produk makeup yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan tumbuhnya jerawat? Simak di sini.

1. Alkohol
Alkohol dikenal sebagai salah satu bahan andalan bagi Anda yang berjerawat. Alkohol dapat digunakan untuk membersihkan, mengeringkan, dan antibakteri. Namun, alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan alami kulit.

Berlawanan dari teori populer, menggunakan bahan yang dapat mengeringkan, seperti alkohol pada kulit berminyak justru dapat membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Kelebihan minyak inilah yang nantinya akan menyumbat pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari bahan-bahan seperti etanol, alkohol etil, alkohol didenaturasi, metanol, alkohol isopropil, alkohol SD, dan alkohol benzil. Sebaliknya, gantikan dengan toner yang mengandung witch hazel, teh hijau, air bunga, dan air mentimun.

2. Petroleum
Untuk mengatasi kulit berminyak dan munculnya jerawat, Anda mungkin terbiasa menggunakan bahan petrolatum yang justru membentuk penghalang di atas kulit, mencegah kulit mendapatkan udara. Hindari bahan-bahan seperti jelly petroleum, petrolatum, dan minyak mineral.

Sebaliknya, gantikan dengan minyak jojoba dan vitamin E.

3. Silikon
Silikon juga dapat menghaluskan dan melembutkan kulit wajah, namun menyumbat pori-pori. Seperti halnya petroleum, silikon juga membentuk penghalang di atas kulit, menjebak kotoran dan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari bahan-bahan seperti dimenthicone, dimenthiconol, dimenthicone copolyol, cyclomethicone, methicone, dan fenil trimethicone. Sebaliknya gantikan dengan minyak alpukat alami, rosehip, dan jojoba.

4. Sulfat
Sulfat adalah bahan yang bisa menghasilkan busa ketika digunakan, membuat Anda merasa memiliki wajah yang sangat bersih. Namun, sama halnya dengan alkohol, sulfat juga bisa membuat wajah memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari bahan-bahan seperti natrium lauril sulfat dan natrium laureth sulfat. Sebaliknya gantikan dengan gliserin glukosida dan glukosida lauryl untuk mencegah timbulnya jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.