Sukses

Bali Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017 Versi TripAdvisor

Liputan6.com, Jakarta TripAdvisor, situs travel provider terbesar dan terpercaya di dunia menganugerahkan Bali sebagai The Worlds Best Destination pilihan traveler di seluruh dunia. Bali berhasil mengalahkan kota-kota besar dunia yang selama ini menjadi ikon pariwisata global.

Bali berada di urutan pertama, dilanjutkan berturut-turut London (Inggris), Paris (Prancis), Roma (Italia), New York (USA), Crete (Yunani), Barcelona (Spanyol), Siem Reap (Kamboja), dan Phuket (Thailand).

Menanggapi hal positif tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung angkat bicara. Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (22/3/2017), dirinya mengatakan, “Kami bangga, Bali semakin memperkuat confidence untuk percepatan membangun pariwisata sebagai leading sector dan core economy bangsa.”

Tak hanya Bali, di level Asia, Lombok juga tampil di posisi ke-9 besar sebagai destinasi terbaik. Lombok yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia pada 2015 juga mendapat penghargaan dunia untuk kategori World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Honeymoon.

Bahkan pada 2016, Lombok berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus, yaitu The World’s Best Halal Honeymoon Destination untuk Sembalun, The World’s Best Halal Beach Resort di Novotel Kuta Mandalika, dan World’s Best Halal Travel Website.

Ke-10 Besar destinasi terbaik Asia tersebut antara lain Bali (Indonesia) di urutan pertama, lalu disusul Siem Reap (Kamboja), Phuket (Thailand), Hoi An (Vietnam), Kathmandu (Nepal), Hanoi (Vietnam), Ko Samui (Thailand), Lombok (Indonesia), dan Bangkok (Thailand).

“Kalau sudah diapresiasi netizen di TripAdvisor, sudah hampir pasti itu terpercaya dan akan mempengaruhi traveler lain untuk datang ke sana. Yang dikomentar biasanya atraksi, destinasi wisata, alam, budaya, dan lainnya. Lalu amenitas, seperti hotel, resor, akomodasi, restoran, kafe, tempat nongkrong, dan lainnya. Dan akses, sarana transportasi, airlines, rent a car, kapal penyeberangan, kemacetan, dan lainnya,” kata Menteri Arief.

Bagi Arief Yahya, soal atraksi wisata Bali memang tidak diragukan lagi. Kekuatan Bali ada pada budayanya. Budaya semakin dilestarikan semakin menyejahterakan. “Saya tidak pernah meragukan reputasi Bali dalam hal menghidupkan tradisi dan budayanya. Tapi saya ingin keramaian dan keindahan Bali juga didistribukan ke bagian utara dan barat,” ungkap Arief Yahya.

Artikel Selanjutnya
Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali
Artikel Selanjutnya
Jawara GFNY: Lombok Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia