Sukses

Ingin Menggunakan Kartu Kredit Saat Liburan? Perhatikan 5 Hal Ini

Hati-hati menggunakan kartu kredit saat liburan. Perhatikan dengan seksama 5 hal ini akan pemakaiannya tak berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika liburan, wajar kalau berusaha menghemat pengeluaran. Salah satunya dengan menyimpan kartu kredit rapat-rapat di dalam dompet. Niatnya supaya tidak tergoda untuk memakainya.

Sejatinya, sah-sah saja mau pakai kartu kredit ketika liburan. Justru hal itu disarankan demi menghemat pengeluaran, asal dipakai untuk hal-hal tertentu.

Simak beberapa tips tentang penggunaan kartu kredit saat liburan dari DuitPintar.com berikut ini.

1. Beli tiket pesawat
Jika liburan memerlukan transportasi menggunakan pesawat, sayang kalau kartu kredit tidak dimanfaatkan. Terlebih jika kartu itu menyediakan fitur konversi poin ke airmileage.

Selain lebih hemat beli tiket, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan tiket gratis bila poin yang dimiliki sudah banyak. Pilih saja kartu kredit yang memang khusus untuk traveling.

2. Bayar hotel dengan kartu kredit
Selain pesawat, kita bisa lebih hemat bayar kamar hotel dengan kartu kredit. Tapi ini berlaku ketika ada program diskon dari hotel yang bersangkutan.

Coba saja cek di situs pemesanan hotel. Sering ada promo-promo diskon hingga 30 persen jika pesanan kamar dibayar dengan kartu kredit tertentu.

3. Makan di merchant partner
Kartu kredit sering punya kerja sama dengan restoran selaku merchant partner. Saat liburan, coba berburu tempat makan yang sedang menawarkan promo diskon kartu kredit yang kita miliki. Biasanya ada diskon minim 10 persen di restoran tersebut. Pengeluaran saat liburan pun bisa dihemat dengan baik.

4. Bayar tiket objek wisata
Tak cuma restoran, di lokasi wisata Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan harga tiket objek wisata lebih murah. Biasanya, program yang ditawarkan adalah diskon sekian persen.

Selain itu, mungkin bisa buy 1 get 1 atau beli 1 dapat 1 lagi tiket. Tak perlu ragu bertanya ke petugas di loket, siapa tahu memang sedang ada promo kartu kredit yang Anda miliki.

5. Belanja di toko
Kartu kredit juga berguna buat menekan biaya membeli oleh-oleh. Manfaatkan program diskon hasil kerja sama bank penerbit kartu dengan toko setempat. 

Anda wajib membekali diri dengan pengetahuan seputar manfaat kartu kredit. Di satu sisi, memang tagihan dari kartu kredit merupakan beban. Namun di sisi lain, tagihan itu bisa jadi merupakan hasil penghematan kita selama sebulan ke belakang. Tanpa kartu kredit, mungkin pengeluaran selama liburan malah membengkak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini