Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Jenuh Saat Jam Kerja

Liputan6.com, Jakarta Sering kali yang namanya pekerjaan pasti menyita semua energi dan perhatian kita. Tapi tidak salahnya beristirahat sejenak melakukan beberapa hal saat jam kerja supaya otak tidak jenuh dan lelah.

Mungkin beberapa kegiatan pilihan DuitPintar.com ini bisa Anda lakukan saat kebosanan melanda pada jam kerja. 

1. Jalan-jalan sejenak
Cobalah jalan-jalan sebentar dari meja kerja. Bukan jalan-jalan ke luar kantor. Turun saja ke lantai dasar kalau kantor ada di gedung bertingkat. Cari udara segar di taman atau lobi kantor sejenak.

Duduk terus di dalam ruangan ber-AC selama berjam-jam menatap laptop pasti membuat badan pegal dan mata lelah. Pemandangan dan udara luar bisa mengembalikan mood dan semangat kerja lagi. Kalau tak percaya, coba saja.

2. Olahraga ringan
Badan yang berada di posisi yang sama selama berjam-jam dan terkena udara dingin pasti akan terasa kaku. Coba setiap 2 jam coba lakukan gerakan-gerakan kecil badan terasa luwes lagi. Kalau badan kaku dan pegal, pasti bekerja pun menjadi tidak enak.

Tapi ingat, kalau kantor adalah tempat bekerja, bukan gym. Olahraga ringan yang dimaksud bisa berupa peregangan otot-otot, menggelengkan kepala, atau naik-turun tangga sebentar. Badan yang kembali segar pasti bisa membantu otak bekerja lagi.

Tapi jangan lakukan gerakan yang sampai mengganggu kegiatan rekan-rekan kerja sekitar. Dan jangan terlalu sering juga. Sesuaikan gerakan olah tubuh ringan dengan situasi dan kondisi di tempat kerja kita masing-masing.

3. Berinteraksi dengan rekan kerja
Tentu saja berinteraksi di sini maksudnya bisa dengan mengajak ngobrol beberapa rekan kerja yang kelihatannya sedang tak terlalu sibuk. Ingat, jangan ajak ngobrol yang sedang serius dan fokus dengan pekerjaannya.

Bisa saja ajak rekan kerja mengobrol sambil membahas pekerjaan atau sekedar berbagi ide atau apa pun selama bukan gosip. Berinteraksi sesekali di sela-sela jam kerja itu boleh, justru bisa menstimulus otak untuk mendapatkan inspirasi terkait pekerjaan.

4. Meditasi
Jangan meremehkan apa yang bisa dilakukan meditasi untuk tubuh, pikiran, serta jiwa kita. Jika dilakukan dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh, jiwa dan pikiran akan terasa lebih rileks dan tenang. Bukan tidak mungkin otak jadi bisa lebih produktif, semangat, dan kreatif.

Kita juga akan menjadi orang yang lebih tenang dan tak mudah panik. Hal Ini penting dalam pekerjaan, karena dapat membantu kita dalam mengambil keputusan. Kita juga bisa jadi pribadi yang menyenangkan buat semua orang di kantor, termasuk atasan.

Kalau atasan puas dengan apa yang kita kerjakan, bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan kita.

5. Cari hiburan sejenak di internet
Anda bisa menonton video lucu di media sosial atau browsing informasi-informasi seputar topik yang sedang hits.

Kasihan kalau otak Anda terus menerus dipaksa melakukan aktivitas berpikir serius dan berat selama berjam-jam tanpa istirahat atau jeda. Bisa-bisa malah stres.

Manusia itu bukan robot dan mesin, yang pastinya butuh istirahat. Memaksakan diri untuk terus fokus dan konsentrasi bekerja selama berjam-jam bisa tidak baik juga untuk kesehatan.

Selama disesuaikan dengan situasi dan kondisi kantor masing-masing, serta dilakukan sewajarnya, sah-sah saja melakukan 5 hal di atas saat jam kerja. Yang penting tidak disalahgunakan dan mengganggu rekan kerja.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 6 Gaya Hidup Sehat untuk Dapatkan Berat Ideal
Artikel Selanjutnya
Introvert, Inilah Beberapa Pekerjaan yang Cocok Untuk Karier Anda