Sukses

Manfaat Cranberry untuk Kulit dan Rambut yang Jarang Diketahui

Banyak yang tidak kita ketahui tentang manfaat buah cranberry untuk kecantikan kulit dan rambut Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang menginginkan kulit dan rambut yang berkilau, masukkan buah cranberry dalam rutinitas kecantikan Anda sehari-hari. Buah berry yang satu ini dicap sebagai buah super yang mengandung banyak antioksidan yang bermanfat untuk kulit dan rambut. 

Dilansir dari Boldsky, Kamis (23/3/2017) ada beberapa manfaat dari buah cranberry untuk kecantikan kulit dan rambut yang jarang Anda ketahui. Apa saja itu? 

1. Untuk kulit bercahaya
Karena buah cranberry memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu membuat kulit tampak bersinar dan kenyal. Ini membantu untuk melawan radikal bebas penyebab kulit kusam, kering dan kendor. Ambil beberapa jus cranberry dan campurkan dengan yogurt. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat lembut. Lalu, bilas dengan air dingin. Gunakan secara rutin dan teratur untuk memberikan cahaya lebih muda.

2. Bekerja pada hiperpigmentasi kulit
Kandungan zat alami pada cranberry dapat membantu bekerja secara efektif pada hiperpigmentasi kulit. Coba campurkan buah cranberry dengan tepung, aduk hingga mengental dan terapkan sebagai masker pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air.

3. Membantu mengunci pori-pori

Sifat asam dari buah cranberry dapat membantu mengunci pori-pori dan mengurangi risiko jerawat dan bisul pada wajah. Ambil beberapa gelas jus cranberry dan aplikasikan pada wajah menggunakan bantuan bola kapas. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air dingin.

4. Mengurangi minyak di area T-Zone 
Mengaplikasikan buah cranberry pada wajah dapat membantu mencegah akumulasi minyak pada wajah, terutama di area T-zone, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori. Jika Anda memiliki minyak berlebih pada daerah T-zone, coba terapkan cranberry di bagian wajah tersebut selama beberapa saat, sebelum membilasnya dengan air dingin.

5. Menyembuhkan jerawat dan noda bekas jerawat

Buah cranberry juga memiliki kandungan vitamin C, anti-inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat membantu mengobati jerawat dan noda bekas jerawat pada wajah. Ambillah beberapa gelas jus cranberry dan aplikasikan secara langsung pada wajah yang berjerawat atau noda bekas jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

6. Mengencangkan kulit
Vitamin C yang terdapat didalam cranberry juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti kulit kering dan kusam, coba campurkan beberapa jus cranberry dengan jus jeruk. Kemudian, terapkan pada wajah Anda dan diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hingga bersih.

7. Mengobati kulit iritasi

Jus cranberry dapat membantu mencegah iritasi pada kulit kepala dengan mudah. Campurkan cranberry dengan putih telur dan aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah sebagai masker sambil dipijat lembut. Tunggu beberapa saat dan cuci dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mengobati iritasi kulit kepala.

8. Membuat rambut lebih berkilau
Mengaplikasikan masker rambut dari cranberry secara teratur dapat membantu memberikan rambut berkilau dan mengilap. Ambil satu cangkir mayones dan tambahkan jus cranberry, campuran bersama-sama dan oleskan masker ini pada kulit kepala Anda. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. 

9. Sebagai pewarna rambut alami

Buah cranberry dapat juga digunakan sebagai pewarna rambut alami. Ambil beberapa jus cranberry dan campurkan dengan air. Terapkan pada kulit kepala, lalu biarkan kering secara alami. Ulangi langkah ini selama 2-3 hari untuk mendapatkan warna merah alami pada rambut tanpa efek samping.

10. Membuat kulit kepala terhidrasi
Karena buah cranberry mengandung banyak air, sehingga dapat membantu untuk menjaga kulit kepala tetap segar dan terhidrasi. Hancurkan beberapa buah cranberry dan aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air.

Ine Yulita Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini