Sukses

Hindari Produk Perawatan Kecantikan dengan Kandungan Mineral Oil

Liputan6.com, Jakarta Ternyata ada satu bahan yang ada dalam produk rias serta produk perawatan kecantikan kulit, dan tak baik untuk diaplikasikan.

Dilansir dari allure.com, dua bahan kandungan yang paling banyak dipakai dalam beragam jenis produk kecantikan saat ini adalah Mineral dan oil. Seperti bedak mineral, serta air thermal-mineral yang ada dalam facial spray, face oil, hair oil, dan body. Namun, banyak yang tidak sadar akan adanya bahan yang bernama mineral oil.

Banyak sekali produk kecantikan legendaris yang menggunakan bahan mineral oil, tapi sebaliknya ada beberapa produk kecantikan yang secara tegas menyatakan tidak akan menggunakan mineral oil bahkan menggolongkannya ke dalam kategori bahan yang buruk untuk kesehatan kulit seperti halnya bahan pewangi buatan, paraben, PABA, pewarna sintetis dan lainnya.

Apakah kita harus total menghindari mineral oil?

Mineral oil merupakan bahan hidrocarbon dan sering digunakan dalam produk kecantikan karena fungsinya yang dapat mengunci kelembapan kulit dan membuat produk tersebut terasa halus di kulit.

Namun, jeleknya adalah mineral oil ini memiliki efek menutupi pori-pori kulit. Dan menurut dermatologis Ava Shamban, krim yang mengandung mineral oil ini dapat merusak lapisan pelindung kulit dan meningkatkan risiko kehilangan cairan di kulit.

Menurut Sonya Dakar, seorang ahli facial di Beverly Hills yang menjadi langganan para bintang Hollywood seperti Gwyneth Paltrow dan Jennifer Lawrence, ia selalu menganjurkan kliennya untuk menghindari bahan mineral oil ini. Bahan yang diambil dari petrolatum ini molekulnya terlalu besar untuk pori-pori kulit hingga akhirnya bahan tersebut tak bisa diserap kulit dan akan mengendap di permukaan kulit.

Akibatnya, bahan ini akan merefleksikan sinar UV matahari dan membuat kulit jadi rusak. Sonya lebih menganjurkan untuk menggunakan face oil yang bebas bahan mineral oil, terutama seperti flaxseed oil yang memiliki banyak manfaat. Dari mulai meredakan iritasi kulit, melembapkan, hingga membuat kadar minyak di kulit lebih berimbang.

Namun , jika Anda selama ini sudah menggunakan bahan perawatan kecantikan kulit maupun produk riasan wajah yang mengandung mineral oil dan kulit Anda tak memberikan reaksi negatif maka boleh saja Anda melanjutkan penggunaannya. Asalkan diiringi dengan pembersihan wajah yang lebih cermat.

Artikel Selanjutnya
Ternyata, Ini 19 Hal dari Anda yang Buat Orang Lain Jatuh Cinta
Artikel Selanjutnya
4 Keintiman Ini Harus Diketahui Ketika Jalin Hubungan Asmara