Sukses

Makanan Terselip, Ini Cara Mudah Atasinya Tanpa Tusuk Gigi

Liputan6.com, Jakarta Seusai makan, banyak orang memiliki kebiasaan menggunakan tusuk gigi untuk mengambil makanan yang tersangkut di sela-sela giginya. Padahal sebenarnya permasalahan tersebut dapat diselesaikan tanpa tusuk gigi.

Dengan kegiatan mengunyah, makanan wajar saja tersangkut di sela-sela gigi. Sementara penggunaan tusuk gigi berisiko karena dapat menyodok gusi yang akhirnya menjadi luka.

Namun tusuk gigi bukan lah satu-satunya cara untuk membersihkan makanan yang terselip di sela-sela gigi. Dilansir dari Bustle, Senin (20/3/2017), berikut enam cara untuk melakukannya tanpa tusuk gigi.

1. Makan makanan crunchy
Buah-buahan dan sayur-sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan. Ternyata, buah-buahan atau sayur-sayuran yang cukup keras atau disebut dengan crunchy dapat berfungsi sebagai scrub yang membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi.

2. Minum air
Air dapat membilas mulut dan gigi. Anda pun bisa sedikit berkumur saat sebelum menelan air. Jika tidak ingin menelannya, Anda juga bisa membuangnya.

3. Floss
Cara yang lebih efisien untuk membersihkan sisa-sisa makanan di gigi tanpa tusuk gigi. Cara ini juga dipercaya paling higienis dan disarankan oleh para dokter gigi.

1 dari 2 halaman

Alternatif tusuk gigi

4. Garpu
Cara ini mungkin cukup terdengar berbahaya. Namun, setidaknya garpu tidak terlalu tajam layaknya tusuk gigi, ukurannya pun lebih besar. Sehingga bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan.

5. Kertas
Kertas bisa Anda lipat hingga cukup runcing dan digunakan untuk membersihkan makanan yang terselip di sela-sela gigi.

6. Kuku
Pilihan yang sebenarnya kurang begitu higienis. Namun setidaknya Anda bisa mencuci tangan terlebih dulu sebelum melakukannya.

Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Kulit Ketiak Tampak Hitam
Artikel Selanjutnya
Unik, Vitamin Bentuk Permen Beruang yang Dapat Menyehatkan Rambut