Sukses

Tren Masker Hitam untuk Perawatan Kecantikan Wajah

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini, banyak sekali di media sosial tentang masker wajah berjenis black mask. Berbagai brand dijual secara online ataupun dipasaran. Tidak seperti masker pada umumnya, masker ini mampu mengangkat komedo hanya cukup dengan manarik masker pada saat kering tanpa perlu membilas. Lalu sebenarnya apakah masker jenis ini aman digunakan pada wajah?

Dilansir dari Health, Minggu (19/03/2017), menurut para ahli dermatologis, masker ini pada dasarnya aman untuk digunakan. Tatapi juga bisa berakibat buruk seperti menyebabkan rasa nyeri pada kulit dan menyebabkan iritasi. Tidak hanya mengangkat komedo, masker ini ternyata juga mengakibatkan rambut-rambut halus pada wajah terangkat sehingga menyebabkan rasa sakit seperti waxing.

Tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar proses penggunaan masker ini tidak meninggalkan rasa sakit atau nyeri pada pori-pori wajah. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mencuci wajah untuk membantu proses pra pengelupasan kulit sehingga proses penarikan masker yang kering dapat dilakukan dengan mudah.

Selanjutnya menurut Debra Jaliman, MD, yang merupakan ahli dermatolog di New York City menyarankan untuk menerapkan masker tersebut hanya pada T-zone atau daerah yang memiliki komedo saja. Memang masker ini mampu menyerap sisa minyak berlebih serta sisa kotoran, akan tetapi black mask juga mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkam alergi dan iritasi pada kulit. Jadi sebelum Anda membeli produk ini , periksalah bahan-bahan yang terkandung pada masker serta berhati-hatilah dalam membeli produk masker berjenis ini.

Setelah melepaskan masker, Dr Piliang merekomendasikan untuk mencuci wajah dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan masker yang masih tersisa dan kemudian mengaplikasikan pelembab non-comedogenic untuk melindungi kulit.

Jika Anda sedang mencari produk kecantikan dalam menghilangkan komedo, Dr. Piliang juga menyarankan untuk memilih produk dengan bahan yang mengandung alpha hydroxy acids, beta hydroxy acids, retinols, dan benzoil peroksida. Karena kesemua bahan ini dapat membantu melonggarkan komedo sedikit lebih lembut dibandingkan dengan produk-produk perawatan kecantikan lainnya.

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
8 Mitos Tentang Rambut yang Harus Anda Lupakan Sekarang Juga
Artikel Selanjutnya
10 Ritual Kecantikan yang Harus Anda Lakukan di Malam Hari