Sukses

Jangan Tertipu, Pelajari Cara Mengenali dan Pilih Mutiara Asli

Ternyata tidak semua mutiara yang dijual dengan harga tinggi merupakan mutiara yang asli. Agar tidak tertipu, pelajari cara memilih mutiara.

Liputan6.com, Jakarta Mutiara menjadi perhiasan yang sering diburu para wanita untuk mempercantik dirinya. Bahkan tanpa mengetahui asli atau palsu, banyak dari mereka tetap ingin membeli mutiara dengan harga yang tinggi. Tapi bagaimana cara membedakan mutiara palsu dengan asli?

“Untuk membedakan mutiara yang palsu dan asli sebenarnya cukup sederhana, dengan mengandalkan gigi saja.” ungkap Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Indonesia, pada pameran Kilau Mutiara & Pesona Biota Laut Indonesia, Rabu (15/3/2017).

Cara termudah untuk membedakannya adalah dengan memimpis atau menggesekkan secara perlahan mutiara tersebut diantara gigi atas dan gigi bawah. Bila permukaan mutiara berpasir, maka mutiara tersebut merupakan mutiara yang asli.

Sedangkan bila mutiara tidak memiliki pasir di permukaannya dan memiliki tekstur yang lebih licin, maka bisa dipastikan bahwa mutiara tersebut adalah mutiara buatan. Bila tidak ingin mengigit mutiara, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggesek mutiara dengan lembut ke gelas.

“Tentunya akan lebih baik lagi untuk mengujinya dengan cara profesional, seperti membawanya ke laboratorium mutiara yang terpercaya.” tutup Nuniek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.